Comscore Tracker

Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih Dipertimbangkan

Pemkot Bandung masih melakukan kajian untuk lockdown

Bandung, IDN Times - Untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama jajaran Polrestabes Bandung menyusun rencana penutupan sejumlah ruas jalan utama.

Penutupan jalan tersebut tidak termasuk ke dalam kriteria lockdown atau karantina wilayah,melainkan hanya sebagai upaya pencegahan. Sementara, untuk pilihan lockdown, Pemkot Bandung masih melakukan kajian.

1. Pemkot Bandung masih pertimbangkan lockdown

Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih DipertimbangkanIDN Times/Debbie Sutrisno

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, pihaknya masih memberlakukan tindakan preventif dengan cara menyadarkan masyarakat akan bahaya virus corona. Keputusan lockdown, kata dia, saat ini masih dalam pertimbangan.

"Kalau lockdown itu paling parsial, kita diskusi pengaturan jalan-jalan di Kota Bandung ditutup sebagian," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (29/3).

Baca Juga: Keren! Jabar Terapkan Drive Thru Pertama untuk Tes COVID-19 

2. Jalan utama yang sering dilintasi warga akan ditutup

Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih DipertimbangkanIDN Times/Yogi Pasha

Kapolrestabes Bandung, Kombes Ulung Sampurna Jaya membenarkan saat ini lockdown masih dalam kajian. Sementara kebijakan penutupan sejumlah ruas jalan dilakukan karena lalu lintas yang sepi dan sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

"Ini bukan lockdown, jauh itu. Penutupan ruas jalan itu yang mana memberikan imbauan kepada warga saatnya harus menyepi. Jalan sering dilewati, kita tutup," ungkap Ulung.

3. 350 aparat gabungan disebar ke sejumlah titik Kota Bandung untuk membubarkan kerumunan

Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih DipertimbangkanIlustrasi satpol PP. (IDN Times/Yogi Pasha)

Ulung menjelaskan, sudah ada 350 anggota aparat gabungan yang ditugaskan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan berkumpul. Semua anggota sudah tersebar di beberapa wilayah Kota Bandung.

"Ada penekanan ke masyarakat, bagi masyarakat yang berkumpul terutama di kalangan remaja. Betapa bahaya virus corona, sehingga ada baiknya mengikuti imbauan pemerintah agar di rumah saja," tuturnya.

4. Polisi tindak tegas masyarakat yang masih berkerumun

Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih DipertimbangkanIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ulung menambahkan, polisi akan menindak masyarakat yang masih nekat berkumpul atau tak mengikuti imbauan pemerintah. Tindakan pembubaran didasari oleh maklumat Kapolri.

"kita bubarkan dan beri imbauan berdasarkan undang-undang yang berlaku atau maklumat Kapolri. Langkah tersebut dilakukan agar penyebaran virus corona bisa ditekan," kata dia.

Baca Juga: Ikut Rapid Test, Seluruh Wartawan Pemkot Bandung Negatif Virus Corona!

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya