Comscore Tracker

Besok 23 Mal di Bandung Dibuka, Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi

Manajemen mal dilarang menyediakan fitting room, kenapa?

Bandung, IDN Times - Warga Bandung, Jawa Barat, sudah bisa kembali menikmati berjalan-jalan di mal mulai besok, Senin (15/6). Sebanyak 23 mal di Kota Bandung akan dibuka dengan syarat para pengunjung harus taat pada aturan protokol kesehatan selama pandemik COVID-19.

Sejumlah aturan protokol kesehatan COVID-19 sudah dikeluarkan dengan dasar Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 34 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB proporsional.

Keputusan membuka 23 mal di tengah perpanjangan masa PSBB proporsional hingga 26 Juni, sudah diketuk palu Pemkot Bandung berdasarkan usulan dari dinas terkait dan para ahli dalam memandang pandemik COVID-19 di Kota Bandung.

1. Manajemen mal diminta menerapkan sejumlah protokol pencegahan COVID-19

Besok 23 Mal di Bandung Dibuka, Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi(Petugas pengelola pasar berkampanye pencegahan COVID-19 dengan membawa poster berisi pesan di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Upaya tersebut untuk meminimalisir kasus penularan atau penyebaran COVID-19 terjadi di pasar) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dalam Peraturan Wali Kota Bandung nomor 34 2020 tentang pelaksanaan PSBB Proporsional, tepatnya tercantum pada Pasal 11, menyatakan bahwa sejumlah ruang publik diizinkan untuk beroperasi kembali termasuk mal. Adapun aturan pengoperasian tertuang dalam ayat 9, di mana manajemen mal diminta menerapkan sejumlah protokol pencegahan COVID-19.

"Membatasi jumlah pengunjung paling banyak 30 persen dari kapasitas ruangan. Memastikan tempat kerja selalu dalam keadaan bersih dan higienis," tulis Perwal yang telah diteken Wali Kota Bandung Oded M. Danial itu, Minggu (14/6).

Baca Juga: Hari Pertama Tanpa PSBB, Warga Surabaya Padati Kota dan Pergi ke Mal

2. Manajemen mal diminta perhatikan protokol kesehatan karyawan

Besok 23 Mal di Bandung Dibuka, Ini Aturan yang Wajib DipatuhiPengunjung melintasi salah satu toko di Pasar Baru, Jakarta, Senin (8/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan normal baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Selain itu, selama PSBB proposional, manajemen mal juga diwajibkan melengkapi protokol pencegahan pada karyawan yang sedang bekerja dengan menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

"Seluruh karyawan di area perkantoran wajib menggunakan masker dan mengharuskan cuci tangan dengan sabun dan/atau pembersih tangan (hand sanitizer), termasuk menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses di tempat kerja," ungkapnya.

3. Mal tidak diperbolehkan sediakan kamar ganti dan tidak boleh menggelar great sale

Besok 23 Mal di Bandung Dibuka, Ini Aturan yang Wajib DipatuhiIDN Times/Mela Hapsari

Kemudian, terkait aturan khusus, dalam Pasal 11 ayat 9 huruf K, manajemen mal diharapkan melengkapi karyawan dengan face shield, masker, dan sarung tangan. Selain itu, manajemen mal juga diminta tidak menyediakan ruang ganti selama beroperasi.

"Seluruh karyawan wajib menggunakan face shield, masker dan sarung tangan. Tidak diperbolehkan menyediakan fitting room. Tidak diperbolehkan ada great sale yang barangnya disimpan dalam keranjang," jelasnya.

4. Harus ada pegawai yang mengatur kapasitas penggunaan lift dan eskalator

Besok 23 Mal di Bandung Dibuka, Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi(ANTARA FOTO/Fauzan)

Pemkot Bandung meminta manajemen mal untuk bisa mengatur jumlah kapasitas lift dan eskalator berdasarkan protokol pencegahan COVID-19. Kemudian, ruang isolasi serta mobil ambulans juga diharuskan ada di setiap mal.

"Harus ada pegawai yang mengatur kapasitas penggunaan lift dan eskalator. Harus menyediakan ruang isolasi. Harus menyediakan mobil ambulans yang dipakai setiap saat apabila diperlukan," kata dia.

Baca Juga: Mal Dibuka 15 Juni, Pengunjung Akan Discan Barcode

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya