99 TNI Positif Corona, Warga Sekitar Pusdikpom Cimahi Diminta Waspada

Pemprov Jabar tengah lakukan kajian epidemiologi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengingatkan warga di sekitar Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad) di Kota Cimahi agar disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jabar Berli Hamdani mengatakan, Pemprov Jabar sudah melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap kasus COVID-19 yang menular pada 99 personel TNI AD di Pusdikpom Kota Cimahi.

"Kita tengah melakukan penyelidikan epidemiologi, sehingga dari penyelidikan itu nantinya bisa diketahui bahwa sumber penularan bukan hanya dari luar masuk ke dalam. Artinya dari dalam juga berpotensi keluar," ungkap Berli saat konferensi pers di Gedung Sate, Jumat (10/7).

1. Data sudah diterima Pemprov sejak Jumat pekan lalu

99 TNI Positif Corona, Warga Sekitar Pusdikpom Cimahi Diminta WaspadaPusat Pendidikan Polisi Militer, Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Berli menyebutkan, Pemprov Jabar sudah menerima data dan melakukan pemantauan sejak awal dilakukannya swab test masif pada Jumat (3/7) pekan lalu. Melalui Dinas Kesehatan dan puskesmas setempat, baik warga di internal Pusdikpom maupun di sekitarnya sudah dilakukan imbauan untuk waspada.

"Berita itu sebetulnya dari hari jumat pekan kemarin. Itu sudah kita terima, dan kita juga sudah mengambil langkah-langkah," kata Berli.

2. Warga diminta waspada dan tetap disiplin

99 TNI Positif Corona, Warga Sekitar Pusdikpom Cimahi Diminta WaspadaIDN Times/Bagus F

Berli meminta warga di sekitar Pusdikpom tidak perlu panik berlebih. Sebab, pihak Pusdikpom sudah melakukan karantina atau isolasi kepada 99 personel yang dinyatakan positif COVID-19 di lingkungannya.

"Kegiatan di pendidikan itu sangat ketat, ada disiplin, ada aturan, dan ada tata tertib yang ditaati oleh peserta didik. Masyarakat juga tidak perlu khawatir tapi harus waspada," ujarnya.

3. Personel positif: 74 peserta didik dan 25 personel organik TNI AD

99 TNI Positif Corona, Warga Sekitar Pusdikpom Cimahi Diminta WaspadaIDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna membenarkan adanya 99 personel TNI AD di Pusdikpom terkonfirmasi COVID-19. Sebanyak 99 personel itu terdiri dari 74 peserta didik dan 25 personel organik.

"Memang benar ada dari Pusdikpom yang positif. Jumlah tepatnya nanti saya konfirmasi biar tidak salah," kata Ajay.

4. Wali Kota khawatir jadi klaster baru di Cimahi

99 TNI Positif Corona, Warga Sekitar Pusdikpom Cimahi Diminta WaspadaWali Kota Cimahi, Ajay M Priatna. (IDN Times/Bagus F)

Ajay mengkhawatirkan, adanya kasus COVID-19 di Pusdikpom dengan jumlah yang tidak sedikit bisa mnejadi klaster baru di wilayah Kota Cimahi. Terlebih, beberapa personel menurut Ajay sering melakukan kontak fisik baik itu jual beli ataupun kegiatan lainnya dengan warga sekitar.

"Jelas khawatir juga siswa Pusdikpom ini berinteraksi dengan warga sekitarnya. Jadinya bisa menularkan ke yang lain, itu akan jadi persoalan tersendiri. Kita tahu kalau Pusdikpom itu kan dekat dengan lingkungan masyarakat," tandasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya