Comscore Tracker

140 ODP Klaster Lembang dan Karawang Rapid Test, 1 Positif COVID-19

ODP dari Klaster Karawang belum semua jalani rapid test

Bandung Barat, IDN Times - Seorang warga di Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat, dinyatakan positif virus corona atau COVID-19, setelah Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menggelar rapid test atau tes cepat untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang digelar sejak Jumat (27/3) lalu.

Pada tes cepat tersebut, ODP dari klaster kegiatan keagamaan di Lembang dan klaster acara Musda HIPMI di Karawang juga turut menjadi bagian pasien yang wajib menjalani tes cepat virus corona ini.

1. Satu orang dinyatakan positif virus corona, dari 131 yang menjalani rapid test

140 ODP Klaster Lembang dan Karawang Rapid Test, 1 Positif COVID-19Tes COVID-19 drive thru di Kota Bogor (Instagram/@ridwankamil)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan, wilayahnya hanya mendapat jatah 131 tes kit virus corona. Dari 131 peserta yang dites, ada satu pasien yang dinyatakan positif COVID-19.

"Satu pasien positif itu merupakan kontak erat dari Pendeta asal Desa Cihanjuang Parongpong, yang meninggal pekan kemarin. Entah keluarga entah pembantunya," kata Hernawan, saat dihubungi, Minggu (29/3).

140 ODP Klaster Lembang dan Karawang Rapid Test, 1 Positif COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Dokter Cimahi Meninggal karena COVID-19, Terjangkit di Klaster Lembang

2. Pasien positif COVID-19 akan dites ulang menggunakan PCR yang lebih akurat

140 ODP Klaster Lembang dan Karawang Rapid Test, 1 Positif COVID-19Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Pasien tersebut akan melakoni tes ulang menggunakan metode molekuler alias Polymerase Chain Reaction (PCR), untuk memastikan kembali dia memang benar-benar positif virus corona. Tes PCR, menurut Hernawan, dinilai lebih akurat dari alat tes yang digunakan tes cepat.

"Kita mau lakukan tes menggunakan PCR agar lebih valid. Tapi kemungkinan besar bisa dipastikan positif karena kontak erat," sebut dia.

3. Warga di klaster Karawang dinyatakan negatif virus corona

140 ODP Klaster Lembang dan Karawang Rapid Test, 1 Positif COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Jojon)

Sementara, sejumlah warga KBB yang masuk kategori orang dalam pengawasan (ODP) bagian dari klaster acara Musda HIPMI di Karawang, Jawa Barat, seluruhnya telah dinyatakan negatif dari virus corona, setelah mereka menjalani rapid test.

"Di KBB yang ikut klaster Karawang ada 11 orang anggota HIPMI. Tapi baru sembilan orang yang rapid test. Semuanya negatif," kata Hernawan.

4. Semua pasien positif COVID-19 di Kabupaten Badung Barat berkaitan erat dengan klaster Lembang

140 ODP Klaster Lembang dan Karawang Rapid Test, 1 Positif COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Per Minggu (29/3), Hernawan mengumumkan pasien positif terinfeksi virus corona di Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat, ada empat. Rinciannya, dua pasien asal Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong dinyatakan meninggal dunia, satu warga yang berkontak erat dengan pasien meninggal dan satu warga Batujajar.

Seluruh pasien yang dinyatakan positif COVID-19 berkaitan erat dengan klaster kegiatan keagamaan di Hotel Lembang Asri yang digelar pada 3 hingga 5 Maret lalu, yang belakangan disebut sebagai klaster Lembang.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Baca Juga: Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster Lembang

Topic:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya