Comscore Tracker

B117 Sudah Masuk, Ridwan Kamil Minta Pintu Internasional Dijaga Ketat

Virus corona B117 sudah masuk ke Indonesia dibawa 2 PMI

Bandung Barat, IDN Times - Virus corona varian baru B117 diketahui telah masuk ke Indonesia. Virus ini diketahui dibawa oleh dua pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Arab Saudi. Kedua pekerja migran itu berasal dari Karawang, Jawa Barat, namun keduanya tiba di Indonesia dalam waktu yang berbeda pada akhir Januari lalu.

Dua pekerja migran itu mendarat di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Mereka diketahui terpapar corona B117 setelah menjalani tes swab setibanya di Tanah Air. 

Virus corona B117 yang disebutkan lebih ganas dari COVID-19 yang selama ini berkembang di Indonesia, diperkirakan hanya bisa masuk ke Tanah Air melalui pintu-pintu internasional.

Baca Juga: Ngeri! Varian Baru B117 Lebih Mematikan Dibanding COVID-19 Sebelumnya

1. Pemerintah pusat diminta jaga ketat pintu-pintu masuk internasional

B117 Sudah Masuk, Ridwan Kamil Minta Pintu Internasional Dijaga KetatANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dengan keberadaan B117 di Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat menjaga lebih ketat pintu-pintu masuk dari luar negeri.

"Saya titip masukan kepada pemerintah pusat di pintu-pintu internasionalK itu testing-nya harus serius. Apakah dari Singapura ke Batam atau pesawat ke Bali," ujar Emil sapaan akrabnya, di Kota Baru Padalarang, Kamis (4/3/2021).

2. Potensi masuk ke Jabar minim

B117 Sudah Masuk, Ridwan Kamil Minta Pintu Internasional Dijaga KetatProtokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Emil menyebutkan, Jawa Barat memiliki potensi yang minim bagi masuknya corona B117 lantaran wilayahnya tidak memiliki pintu internasional. Menurutnya, Pemprov Jabar hanya sebatas menyiapkan penanganan jika kasus itu sudah masuk wilayah Jabar.

"Jawa Barat sendiri bukan pintu masuk utama internasional. Gak bisa dicegah karena titik masuknya itu internasional. Kita mengantisipasi kalau sudah masuk ke Jawa Barat," sebut Emil.

3. Penularan corona B117 lebih cepat

B117 Sudah Masuk, Ridwan Kamil Minta Pintu Internasional Dijaga KetatInfografis Varian Baru COVID-19 B177 (Varian Kent) (IDN Times/Arief Rahmat)

Emil menyampaikan, virus corona varian baru B117 ini memiliki karakteristik berbeda dari COVID-19. Menurutnya, penularan corona B117 lebih cepat dibandingkan dengan COVID-19, sementara proses pemulihannya pun lebih lama dibanding dengan COVID-19.

"Jadi treatment-nya gak ada beda. Asal kita pakai masker, asal kita disiplin 3M. Cuman penularannya lebih cepat makanya disiplinnya harus lebih tinggi," pungkas Ridwan Kamil.

Baca Juga: Kemenkes Diminta Lacak dan Teliti COVID-19 Varian Baru B117

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya