Pulang Kampung dari Jakarta, ODP di Sumedang Capai 986 Orang

Bupati umumkan satu warga Sumedang positif

Sumedang, IDN Times - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengumumkan satu warganya positif terinfeksi virus corona (COVID-19). Pasien yang dinyatakan positif itu diduga terinfeksi di wilayah Bandung.

"Dengan keprihatinan yang mendalam perlu saya sampaikan di Sumedang telah teridentifikasi satu orang terjangkit virus corona," ungkap Dony, saat konferensi pers di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Minggu (22/3).

1. Pasien positif terpapar dari wilayah Bandung

Pulang Kampung dari Jakarta, ODP di Sumedang Capai 986 OrangIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, riwayat perjalanan pasien positif virus corona itu tidak pernah ke luar negeri. Namun, pasien tersebut diketahui seorang karyawan yang bekerja di wilayah Bandung. Pasien tersebut merupakan warga Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

"Kondisinya terlihat sehat, tidak menunjukkan gejala sakit, tapi berdasarkan hasil tes positif terjangkit corona," ujar Dony.

2. Keluarga pasien positif diisolasi di rumah

Pulang Kampung dari Jakarta, ODP di Sumedang Capai 986 OrangPetugas isolasi menunjukkan peralatan di Tenda Isolasi Rumah Sakit Putri Hijau, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Pasien tersebut dinyatakan positif setelah menjalani tes COVID-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Saat ini, pasien diisolasi di RSUD Kabupaten Sumedang.

"Kelurganya (pasien positif) sudah dikarantina atau diisolasi rumah. Tidak boleh keluar rumah. Karantina ini pun terus dipantau oleh kami dan juga dimonitor kebutuhannya," ucapnya.

3. Melonjak, ODP Sumedang mencapai 986 orang

Pulang Kampung dari Jakarta, ODP di Sumedang Capai 986 OrangANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sementara Orang dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Sumedang mencapai hampir menyentuh angka 1000. "Ternyata per jam ini ODP di Sumedang meningkat cukup tajam totalnya berdasarkan data di lapangan ada 986 orang," sebutnya.

Dony menjelaskan, lonjakan jumlah ODP di Sumedang terjadi karena tidak sedikit warga Sumedang yang bekerja di Jakarta, saat ini pulang kampung ke Sumedang. Kecamatan Cisarua, Kecamatan Paseh, Kecamatan Wado, Kecamatan Jatigede dan Kecamatan Ujungjaya tercatat menampung ODP dengan angka yang tidak sedikit.

"Saat ini warga masyarakat dimaksud dikarantina di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari ke depan. Pemantauan dilakukan oleh Petugas Puskesmas bekerjasama dengan camat, unsur Forkopimcan dan jajaran Pemerintah Desa," paparnya.

4. Satu PDP diisolasi di RSUD Sumedang

Pulang Kampung dari Jakarta, ODP di Sumedang Capai 986 Orangbangkokpost.com

Selain satu orang dinyatakan positif, Dony juga mengumumkan ada satu Pasien dalam Pengawasan (PDP). Saat ini, pihaknya tengah menunggu hasil laboratorium kesehatan untuk menyatakan positif atau negatif.

"Satu PDP sama diisolasi di RSUD Sumedang. Sekarang masih menunggu hasil tesnya. Tapi gejalanya menuju ke arah perbaikan," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya