Comscore Tracker

Sunda Empire Ternyata Pernah Berkumpul di Aula UPI Bandung

Namun pihak UPI menegaskan izin itu terkait halal bi halal

Bandung, IDN Times - Kekaisaran Sunda Empire di Kota Bandung, Jawa Barat tengah menjadi perbincangan hangat pengguna media sosial. Kegiatan kekaisaran Sunda Empire sempat viral di media sosial Youtube, Facebook, maupun Instagram.

Dari video dan foto yang beredar, kegiatan Sunda Empire itu ternyata berlangsung di Kota Bandung. Tepatnya, puluhan orang yang sempat terlihat dalam tayangan video itu ternyata dilakukan di Aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

1. Kegiatan digelar di Balai Pertemuan

Sunda Empire Ternyata Pernah Berkumpul di Aula UPI Bandunghttps://www.facebook.com/queen.renny

Kepala Seksi Eksternal Hubungan Kelembagaan UPI, Yana Setiawan membenarkan adanya kegiatan itu. Berdasar catatannya, Sunda Empire pernah menggelar kegiatan di Balai Pertemuan UPI pada 8 Maret 2017.

"Pada 8 Maret 2017 menggunakan akses tempat Balai Pertemuan berikutnya di hari yang sama menggunakan Lapangan Isola Resort. Namun saat kegiatan di Lapangan, tidak ada izin kepada kami. Prinsipnya, kalau ada kegiatan di lapangan sudah kita tegur," ungkap Yana saat jumpa pers di UPI, Jumat (17/1).

2. Aula dipakai untuk halal bihalal

Sunda Empire Ternyata Pernah Berkumpul di Aula UPI Bandunghttps://www.facebook.com/queen.renny

Yana memastikan, kegiatan Sunda Empire yang digelar di UPI hanya berizin satu kali pada 2017, lalu. Meskipun, dari informasi yang dikumpulkannya kegiatan Sunda Empire berlangsung beberapa kali di tahun berikutnya.

"Izin mereka meminjam Balai Pertemuan untuk halal bi halal. Atas namanya Panitia Pembangunan Kota Bandung. Tentang apa aja kegiatannya kita gak tahu di dalam ruangan," jelasnya.

3. UPI pastikan tidak ada civitas akademika yang terlibat

Sunda Empire Ternyata Pernah Berkumpul di Aula UPI Bandungfarm to cafeteria canada

Yana memastikan walaupun kegiatan Sunda Empire pernah dilakukan di UPI, civitas akademika baik dosen, mahasiswa maupun pegawai tidak ada yang terlibat menjadi anggota.

"Baik dosen, mahasiswa dipastikan tidak terkait Sunda Empire. Tidak ada kegiatan civitas akademika pada Sunda Empire," paparnya.

4. Pemkot Bandung bakal telusuri keberadaannya

Sunda Empire Ternyata Pernah Berkumpul di Aula UPI Bandung(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan belum mengetahui soal keberadaan Sunda Empire. Akan tetapi, dia mengaku akan melakukan penelusuran dan menghimpun informasi terkait keberadaan kelompok tersebut.

"Akan menelusuri dulu," kata dia saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat (17/1).

Baca Juga: Setelah Kerajaan Agung Sejagat Kini Muncul Negara Sunda Empire

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya