Comscore Tracker

Dijaga TNI dan Polisi, Kerajaan Agung Sejagat Kini Jadi Tontonan Warga

Polisi memasang garis polisi

Purworejo, IDN Times - Setelah raja dan permaisuri Kerajaan Agung Sejagat ditangkap, akses masuk ke kerajaan ini di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dipasang garis polisi.

Raja Agung Sejagat yang disebut Sinuhun bernama asli Totok Santosa Hadiningrat dan permaisuri Fanni Aminadia. Keduanya ditangkap pada Selasa (14/1) sore, karena dianggap meresahkan masyarakat sekitar.

1. Lokasi Keraton Agung Sejagat digaris polisi

Dijaga TNI dan Polisi, Kerajaan Agung Sejagat Kini Jadi Tontonan WargaSejumlah pengunjung berada di gapura pintu masuk komplek Kerajaan Agung Sejagad di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (14/1). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Dilansir Antara, Rabu (15/1), terlihat garis polisi dipasang di pintu masuk atau gapura Kerajaan Agung Sejagat di sisi utara bagian timur. Kemudian di bagian barat dan di depan pintu masuk ruang sidang.

Garis polisi juga terlihat mengelilingi prasasti batu yang berada di sebelah timur calon pendopo utama.

Dari penuturan warga sekitar, garis polisi dipasang pada Selasa (14/1) sekitar pukul 21.00 WIB, setelah berlangsung penangkapan raja dan ratu serta beberapa anggota Kerajaan Agung Sejagat.

Baca Juga: Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Terancam 10 Tahun Penjara

2. Kerajaan Agung Sejagat dijaga ketat aparat TNI dan polisi

Dijaga TNI dan Polisi, Kerajaan Agung Sejagat Kini Jadi Tontonan WargaKerajaan Agung Sejagat. (Twitter/@aritsantoso)

Sejumlah aparat TNI, kepolisian, dan Satpol PP kini menjaga lokasi Kerajaan Agung Sejagat. Warga sekitar yang penasaran dengan kerajaan ini berbondong-bondong ke lokasi ini.

Seorang warga bernama Ahmad Riyanto mengatakan, garis polisi dipasang setelah ada sekitar lima anggota Kerajaan Agung Sejagat ditangkap polisi.

"Beberapa orang yang semalam ditangkap, pagi ini sudah ada di rumah, yakni Sarwono dan Namono," ujar pria 50 tahun yang akrab disapa Wiji itu.

3. Keberadaan Kerajaan Agung Sejagat dianggap meresahkan warga

Dijaga TNI dan Polisi, Kerajaan Agung Sejagat Kini Jadi Tontonan WargaWilujengan Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. (Tangkapan video YouTube.com/Kudaku On Top)

Wiji menuturkan warga resah dengan keberadaan kerajaan ini, termasuk prasasti dari batu yang seolah-olah dipuja anggota kerajaan ini.

Lokasi pembangunan kerajaan ini berada di lahan milik Chikmawan, mantan Sekdes Desa Pogung Jurutengah, yang kini menjabat sebagai penasihat kerajaan yang mengklaim sebagai penerus Kerajaan Majapahit itu.

Baca Juga: KTP Raja Keraton Agung Sejagat Ternyata Palsu, Permaisurinya Juga!

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You