Comscore Tracker

Bilik Tombo Kangen di Tulungagung, Solusi Agar Tak Stres saat Isolasi

Fasilitas yang bisa mempertemukan pasien dengan keluarga

Tulungagung, IDN Times - Menjalani proses isolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung, seolah jadi tantangan tersendiri bagi pasien positif COVID-19 mau pun mereka yang dinyatakan reaktif rapid test. Para pasien ini harus berpisah dengan sanak saudara, keluarga, dan orang terkasih di dekatnya hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Perasaan rindu jelas tidak bisa mereka tepis. Secara psikis, kondisi ini menambah tekanan bagi mereka. Merespons hal ini, tim psikososial setempat melakukan inovasi dengan mendirikan bangunan kecil yang disebut "bilik tombo kangen" di lokasi karantina.

1. Bilik digunakan untuk bertukar sapa antara warga yang dikarantina dan keluarganya

Bilik Tombo Kangen di Tulungagung, Solusi Agar Tak Stres saat IsolasiBilik tombo kangen di lokasi karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bilik tombo kangen ini merupakan sebuah bangunan sederhana yang terletak di depan lokasi karantina para warga yang diisolasi karena reaktif kala jalani rapid test. Bangunan tersebut dibuat dengan kayu yang dilapisi dan disekat menggunakan akrilik.

Pihak keluarga bisa bertemu langsung dan mengobrol dengan pasien, tanpa harus khawatir tertular virus COVID-19. Bilik ini sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter setempat dan dinyatakan cukup aman untuk digunakan.

2. Keberadaan bilik ini untuk membantu mengobati kangen

Bilik Tombo Kangen di Tulungagung, Solusi Agar Tak Stres saat IsolasiIlustrasi virus corona/Dok. IDN Times

Salah seorang keluarga pasien, Zaenur Rofiq, mengaku sangat terbantu dengan keberadaan bilik tombo kangen ini. Pria 26 tahun ini sudah dua kali mengunjungi ibunya yang menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung.

Sebelumnya mereka hanya bisa berkomunikasi melalui layanan video call.

"Dengan bilik ini saya bisa bertemu dan mengobrol langsung dengan ibu, rasa kangen dan rindu bisa sedikit terobati," ujarnya, Sabtu (06/06).

3. Berawal dari keluhan pasien yang sempat stres

Bilik Tombo Kangen di Tulungagung, Solusi Agar Tak Stres saat IsolasiPasien positif COVID-19 menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Koordintor tim psikososial Tagana Tulungagung, Imam Syafii, menuturkan inovasi pembuatan bilik tombo kangen ini berawal dari keluhan para penghuni rusunawa, yang merasa rindu dengan keluarga. Tim kemudian berkonsultasi dengan salah seorang dokter, untuk membahas pembuatan bilik tersebut.

"Setelah di setujui kami kemudian merancang dan mendesain sendiri, untuk sekat antara pengunjung dan pasien kami menggunakan bahan akrilik," tuturnya.

4. Bisa membantah kabar hoaks terkait kondisi pasien

Bilik Tombo Kangen di Tulungagung, Solusi Agar Tak Stres saat IsolasiIlustrasi HOAX. IDN Times/Ervan Masbanjar

Selain berfungsi untuk melepas rindu, bilik tombo kangen ini juga bisa digunakan untuk membantah informasi hoaks yang banyak beredar. Selama menjalani masa karantina, pasien kerap dikabarkan mengalami sakit keras.

Hal ini membuat pihak keluarga merasa panik karena tidak bisa melihat langsung kondisinya.

"Dengan bilik ini pihak keluarga bisa langsung melihat kondisi pasien dan selfie," imbuhnya.

Baca Juga: Kasus PDP Meninggal di Tulungagung Tinggi, Begini Penjelasannya

5. Diharapkan bisa membantu tingkatkan imun pasien karena psikis terjaga

Bilik Tombo Kangen di Tulungagung, Solusi Agar Tak Stres saat IsolasiPetugas berkomunikasi dengan pasien yang dikarantina, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Melalui bilik ini diharapkan tingkat kejenuhan dan stres pasien akan semakin berkurang. Jika kondisi mereka bisa relatif stabil, imunitas dalam tubuh dipercaya akan semakin meningkat dan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan.

"Jika mereka rindu keluarga cukup telepon dan mereka akan datang menjenguk, dengan cara ini diharapkan pasien akan tenang dan bisa cepat sembuh," pungkasnya.

Baca Juga: Lagi, Pemudik di Trenggalek dinyatakan Positif COVID-19

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya