Comscore Tracker

Pantau Jemaah Umrah di Bandara Soetta, Menhub: Mereka Kecewa, Tapi...

Ratusan jemaah sempat menumpuk karena tak ada penerbangan

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau jemaah umrah yang berada di Bandara Soekarno-Hatta menjelang maghrib, Kamis (27/2). Ratusan jemaah umrah gagal berangkat ke Tanah Suci karena adanya larangan dari Kerajaan Arab Saudi menyusul merebaknya virus corona (COVID-19)

Menhub ditemani  Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin yang sekaligus menginventarisasi masalah seputar gagalnya para jemaah berangkat umrah. 

Baca Juga: Arab Saudi Setop Umrah, Agen Travel Minta Tiket Pesawat Tidak Hangus

1. Sempat mendengar curahan hati jemaah yang gagal terbang

Pantau Jemaah Umrah di Bandara Soetta, Menhub: Mereka Kecewa, Tapi...Menhub Budi Karya Sumadi Sidak Bandara Soetta, Kamis (27/2) (IDN Times/Candra Irawan)

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah saat ini sangat memahami keputusan dari pemerintah Arab Saudi yang menutup sementara pintu bagi gelombang jemaah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hal itu, kata Budi, memang maslah krusial yang menyangkut kesehatan umat manusia setelah mewabahnya virus corona.

"Saya juga bertemu dengan beberapa jemaah umrah. Alhamdulillah, baik travel atau jemaah menerima apa yang menjadi kenyataan ini. Walaupun mereka sedikit kecewa, ini suatu hal yang massif," kata Menhub kepada wartawan. 

2. Pemerintah ingin memastikan hak-hak jemaah tetap terpenuhi meski hari ini gagal berangkat

Pantau Jemaah Umrah di Bandara Soetta, Menhub: Mereka Kecewa, Tapi...Menhub Budi Karya Sumadi Sidak Bandara Soetta, Kamis (27/2) (IDN Times/Candra Irawan)

Dari diskusinya dengan AP II dan maskapai penerbangan, Menhub mengungkap Garuda Indonesia memberikan pilihan kepada jemaah--apakah hendak reschedule atau refund.

Selain itu, Menhub juga mengecek hak-hak para calon jemaah termasuk difasilitasi untuk kembali ke daerah masing-masing. Menhub mengaku sudah mengecek tiga rombongan jemaah umrah yang hari ini terlanjur tiba di Bandara Soekarno-Hatta, sebelum pengumuman Arab Saudi dirilis. Ketiga rombongan itu berasal dari Yogyakarta, Lahat (Sumatera Selatan), dan Temanggung (Jawa Tengah).

"Itu semua dipulangkan oleh travel dan airlines-nya dengan baik. Jogja naik pesawat, Temanggung naik bis, Lahat naik pesawat," ujarnya.

Menurut Budi, meski jemaah sempat tertahan dan menumpuk di Bandara Soetta, namun semua berjalan kondusif karena maskapai dan AP II memberikan informasi dan solusi bagi jemaah umrah.

"Nah ke depan, tadi pak Menko bersepakat kita akan rapat lagi berkoordinasi. Rapat untuk memetakan apa yang jadi masalah dan mencari jalan keluar dari masalah yang berkaitan terutama dengan jemaah umrah," katanya.

3. Dua pesawat terlanjur terbang pagi tadi ke Arab Saudi

Pantau Jemaah Umrah di Bandara Soetta, Menhub: Mereka Kecewa, Tapi...Menhub Budi Karya Sumadi Sidak Bandara Soetta, Kamis (27/2) (IDN Times/Candra Irawan)

Budi juga angkat bicara mengenai dua maskapai yang terlanjur memberangkatkan dua penerbangan menuju Arab Saudi pagi tadi. Budi mengaku sudah meminta ke Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk melakukan koordinasi agar penerbangan tersebut diterima di Arab Saudi.

"Supaya mereka bisa ke sana. Walaupun mereka harus diperiksa kesehatannya. Bisa menjalankan ini tuntas, yang sudah terbang, bisa mendarat dan umrah di sana,"ucap Budi.

Baca Juga: Gagal Umrah Hari Ini, Jemaah Berharap Kemenlu Negosiasi dengan Saudi

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya