Comscore Tracker

Keluarga Sule Ingin Jenazah Lina Diautopsi, Ada Lebam di Leher

Anak sulung Lina, Rizky Febian sudah lapor ke polisi

Bandung, IDN Times - Buntut pelaporan yang dilakukan artis Rizky Febian ke polisi atas meninggalnya sang ibu, Lina Jubaedah, mantan pengacara Lina berharap dilakukan autopsi terhadap jasad almarhumah yang sudah dikebumikan Sabtu 4 Januari 2020.

Lina, mantan istri pelawak Entis Sutisna alias Sule, meninggal dunia Sabtu lalu. Ia diduga mengalami serangan jantung. Namun Rizky melihat ada kejanggalan. Di leher dan beberapa bagian tubuh ibunya terdapat lebam. Ia pun melapor kepada Polrestabes Bandung, Senin kemarin.

Baca Juga: [BREAKING] Rizky Febian Laporkan Meninggalnya Lina ke Polrestabes

1. Keluarga sudah berembuk untuk pengajuan autopsi karena diduga ada tindak kekerasan

Keluarga Sule Ingin Jenazah Lina Diautopsi, Ada Lebam di LeherIstri Sule meninggal (IDN Times/Azzis Zulkhairi)

Mantan pengacara Lina, Abdurahman, mengatakan, keinginan untuk melakukan autopsi terhadap jenazah Lina memang sudah dibicarakan sebelumnya. Pihak keluarga sedarah dari Lina, maupun dari keluarga Sule sudah melakukan komunikasi terkait hal tersebut.

"Kalau kemarin dari adiknya pas di rumah itu Minggu memang ada obrolan untuk autopsi. Indikasi atas dugaan (kekerasan terhadap Lina) ada dugaan," ujar Abdurahman ketika dihubungi IDN Times, Selasa (7/1).

2. Autopsi menunggu izin anak dan saudara kandung

Keluarga Sule Ingin Jenazah Lina Diautopsi, Ada Lebam di LeherIstri Sule meninggal (IDN Times/Azzis Zulkhairi)

Dari obrolan tersebut kemudian ada niat yang semakin kuat untuk melakukan autopsi dan membawa ini ke jalur hukum. "Nah, prosesnya kan harus ada laporan ke polisi," kata dia.

Meski demikian, Abdurahman menilai untuk melakukan autopsi jenazah harus ada kepastian dari pihak keluarga, baik Rizki sebagai anak atau suaminya. Selain itu, anggota keluarga lain juga harus mengizinkan seperti ibunya atau saudara kandung.

"Mereka yang punya hak untuk itu (mengizinkan autopsi)," ungkap Abdurahman.

3. Kewajiban kuasa hukum hilang seiring meninggalnya Lina

Keluarga Sule Ingin Jenazah Lina Diautopsi, Ada Lebam di LeherIstri Sule meninggal (IDN Times/Azzis Zulkhairi)

Meski demikian, Abdurahman sendiri saat ini posisinya sudah tidak bisa memberikan arahan secara hukum. Sebagai kuasa hukum seseorang, termasuk Lina, ketika orang tersebut meninggal maka kewajiban sebagai kuasa hukum sudah hilang.

"Sekarang saya hanya sebatas konsultasi saja. Kalau untuk pendampingan secara resmi memang belum ada. Tapi saya cukup dekat dengan keluarga," kata dia.

Baca Juga: Ada Lebam di Leher Jasad Ibunya, Rizky Febian Lapor ke Polisi

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya