Comscore Tracker

Raih Suara Tinggi, Choky dan Giring Tetap Gagal Meluncur ke Senayan

Ambang batas Perindo dan PSI masih di bawah empat persen

Bandung, IDN Times - Meski meraih suara cukup tinggi dalam pemilihan legislatif (Pileg) daerah pemilihan (Dapil) 1 Provinsi Jawa Barat, dua figur publik terkenal yakni Choky Sitohang dan Giring Ganesha Jumaryo, gagal duduk di kursi DPR RI.

Hal ini karena partai yang menaungi Choky dan Giring, yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak melewati ambang batas parlemen sebesar empat persen.

Baca Juga: Real Count KPU Nyaris 80 Persen, Kubu 02 Masih Yakin Menang 62 Persen?

1. Choky dan Giring raih suara di atas 35 ribu

Raih Suara Tinggi, Choky dan Giring Tetap Gagal Meluncur ke SenayanInstagram.com/@sitohangchoky

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pileg tingkat KPU Jabar Choky Sitohang berhasil meraih suara cukup positif. Di Kota Bandung dia meraih 27.941 suara, sedangkan di Kota Cimahi dia berhasil meraup 10.191. Totalnya, Choky mampu meraih 38.132 suara di Dapil 1 Jabar.

Sementara itu, Giring Ganesha Jumaryono yang maju dari PSI juga berhasil mendulang banyak suara. Di Kota Bandung mantan vokalis band Nidji ini meraih 40.125 suara dan Kota Cimahi 6.944. Totalnya dia mampu mengumpulkan sebanyak 47.069 suara. 

2. KPU Jabar: Choky dan Giring gagal karena partai tak penuhi ambang batas parlemen

Raih Suara Tinggi, Choky dan Giring Tetap Gagal Meluncur ke SenayanIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait hal ini, Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih menuturkan,‎ melihat data yang ada kemungkinan ke dua artis itu gagal lolos ke Senayan, meskipun keduanya mampu mengumpulkan banyak suara. 

"Ya kemungkinan enggak lolos, karena kan kemungkinan partainya enggak memenuhi ambang batas," kata Nina di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Senin (13/5).

3. KPU Jabar masih menyelesaikan rekapitulasi Pemilu 2019

Raih Suara Tinggi, Choky dan Giring Tetap Gagal Meluncur ke SenayanIDN Times/Galih Persiana

Saat ini KPU Jabar masih menyelesaikan proses rekapitulasi Pemilu Serentak 2019. Sejumlah raihan suara sudah dinyatakan sah dan sudah tidak ada perbedaan.

KPU Jabar tinggal melakukan penetapan untuk kemudian hasil rekapitulasi tingkat provinsi akan diplenokan kembali di KPU RI. 

Baca Juga: [WAWANCARA KHUSUS] Cerita Giring 'Nidji' Terjun ke Dunia Politik

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You