Comscore Tracker

Pemkot Bandung Bongkar Area Tamansari untuk Bangun Rumah Deret

Sempat terjadi kericuhan antara warga dengan Satpol PP

Bandung, IDN Times - Pembongkaran pemukiman yang ada di kawasan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan pada Kamis kemarin (12/12) berakhir dengan ricuh. Sebab, warga yang bermukim di sana melawan dan tak ingin tempat tinggalnya diratakan dengan tanah. 

Warga dan aparat keamanan yang terdiri dari Satpol PP dan pihak kepolisian kemudian bentrok. Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Dadang Darmanan, pembongkaran rumah ini merupakan upaya Pemkot Bandung mengamankan aset yang memang dimiliki negara. Sebab, selama ini lahan di sekitar Tamansari memang milik pemerintah. 

"Sekarang kami melakukan pemagaran dari batas-batas yang menjadi milik pemda (pemerintah daerah)," ujar Dadang di lokasi pembongkaran pada Kamis kemarin. Lalu, akan dikemanakan warga yang sudah puluhan tahun menghuni area tersebut?

1. Warga yang digusur akan dipindahkan oleh Pemkot Bandung ke rumah susun Rancacili

Pemkot Bandung Bongkar Area Tamansari untuk Bangun Rumah DeretIDN Times/Humas Bandung

Dadang mengatakan, usai area Tamansari dibongkar, bukan berarti warga yang sudah menghuni area tersebut puluhan tahun kemudian berubah menjadi tuna wisma. Pemkot Bandung sudah menyiapkan tempat khusus yakni rumah susun di Rancacili. 

Sesungguhnya rumah susun itu sudah ditempati oleh warga yang tergusur karena tempat mereka berlindung dibongkar oleh pemerintah. Rumah-rumah tersebut dibongkar karena area yang mereka huni milik pemerintah. 

Selain itu, ia juga menyebut tak semua warga di Tamansari tak menolak untuk dipindahkan. Berdasarkan klaimnya ada 176 warga yang sudah sepakat dengan Pemkot Bandung. 

Tersisa enam kepala keluarga yang tidak setuju dan menolak pembangunan apapun di area tersebut. Selain itu ada tujuh sampai delapan kepala keluarga yang setuju program pembangunan tapi belum sepakat terkait dengan besaran uang kerohiman yang akan mereka terima ketika harus pindah dari Tamansari.

"Yang tidak setuju ini sudah berkomunikasi di pengadilan jadi memang tidak ada bicara tentang uang kerohiman. Karena memang mereka jelas menolak," ujar Dadang. 

Baca Juga: Berada di Lahan PT KAI, 66 Warga Tegal Sukarela Bongkar Rumah Sendiri

2. Rumah deret akan dibangun usai lahan di Tamansari dibongkar

Pemkot Bandung Bongkar Area Tamansari untuk Bangun Rumah DeretSatpol PP Kota Bandung tengah mengeksekusi lahan warga Tamansari. (IDN Times/Galih Persiana)

Menurut Dadang, lahan yang sekarang diratakan nantinya bakal dibangun rumah deret. Totalnya mencapai 6.000 meter. Di atas lahan seluas itu bisa dibangun rumah deret mencapai 400 unit.

Namun, untuk tahap pertama akan dibangun 200 unit dan menghabiskan lahan sekitar 3.500 meter. Rumah deret tersebut diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Bandung.

"Jadi ini (rumah deret) juga untuk warga yang terdampak. Di samping itu kita juga ingin menata kawasan agar tidak kumuh," paparnya.

Jika sesuai dengan target, pembangunan tahap pertama akan rampung pada Juni 2020.

3. Total anggaran untuk tahap pertama mencapai Rp77 miliar

Pemkot Bandung Bongkar Area Tamansari untuk Bangun Rumah DeretDok.IDN Times/Istimewa

Untuk pembangunan tahap pertama area di Tamansari, Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran sekitar Rp66 miliar bagi 200 unit rumah deret. Kemudian akan ada bantuan dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp11 miliar.

"Dana dari pusat itu masuk dalam program Kotaku untuk penataan kawasan," kata Dadang.

Anggaran dari pemerintah pusat sangat membantu agar luasan kawasan kumuh yang ada di Bandung bisa dipersempit.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb 

Baca Juga: Perlawanan Pembangunan Rumah Deret Tamansari Terus Disuarakan

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya