Tiga Pedagang Pasar di Kota Bogor Positif Swab COVID-19

Lebih waspada yah kalau belanja di tempat ramai

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan Jawa Barat telah melakukan test swab di sejumlah pasar tradisional. Pelaksanaan tes COVID-19 ini berlangsung di pasar tradisional di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

Kepala Dinkes Jabar Berli Hamdani mengatakan, total sudah ada 700 sample swab yang diperiksa dari pedagang yang ada di pasar tradisional. Hasilnya, tiga pedagang di pasar tradisional di Kota Bogor dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Dari total ini ada tiga orang yang positif hasil tes swab," ujar Berli, Selasa (19/5).

Untuk pasarnya, Berli menyebut berada di sekitar Terminal Baranangsiang. Sedangkan untuk pasar yang lain ini masih aman.

1. Pengetesan di pasar tradisional akan didahulukan daerah zona merah

Tiga Pedagang Pasar di Kota Bogor Positif Swab COVID-19Ilustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Berli mengatakan, dia sudah melakukan komunikasi dengan Gubernur Jabar terkait dengan tes masif swab ini. Untuk tahap selanjutnya daerah yang akan melakukan tes swab adalah daerah yang masuk zona merah atau klaster IV di mana sudah banyak penyebaran COVID-19.

Dalam waktu dekat Pemprov Jabar akan mengklasterkan daerah hingga tingkat kelurahan dan desa. Daerah ini akan masuk dalam zona tertentu di mana ada yang parah dan ada yang warganya bisa melakukan aktivitas normal seperti biasa.

"Kita akan berbasis ke data itu. Jadi tingkat kewaspadaannya lebih tinggi. Misal, pasar apa di desa atau kelurahan yang masuk zona merah atau hitam untuk segera ada tes swab massal," ujar Berli.

2. Penyebaran virus secara lokal masih terjadi

Tiga Pedagang Pasar di Kota Bogor Positif Swab COVID-19Ilustrasi (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Saat ini penyebaran virus corona di Jabar masih terjadi. Hal tersebut karena transmisi lokal yang ada di masyarakat. Aktivitas warga yang masih bersentuhan dengan orang lain dan tidak mengindahkan protokol kesehatan COVID-19 membuat penyebaran virus mudah terjadi.

Selain di Indramayu, terdapat klaster penyebaran baru di Kabupaten Subang. Menurut Berli, penyebaran di salah satu tempat di Subang karena ada kunjungan kerabat atau perjalanan dinas yang dilakukan seorang pekerja.

"Setelah di rapid tes (karyawan) langsung ada positif juga," ujarnya.

3. Tes cepat corona juga sempat dilakukan di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur

Tiga Pedagang Pasar di Kota Bogor Positif Swab COVID-19Aktivitas pedagang disalah satu pasar tradisional di Bantul. IDN Times/Istimewa

Pemkab Cianjur melakukan tes cepat corona terhadap 30 pengunjung Pasar Induk Pasirhayam yang tidak mematuhi ketentuan jaga jarak terkait dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, Senin.

Berbagai dalih terlontar dari warga yang hendak berbelanja ketika diminta melakukan tes cepat tersebut. Bahkan, seorang ibu rumah tangga yang takut dengan jarum, berusaha menyogok dengan membayar uang kepada Pelaksana Tugas Bupati Cianjur Herman Suherman yang memimpin langsung kegiatan di tengah pasar tersebut menjelang sore.

"Saya lebih baik bayar saja Pak karena saya takut jarum. Kalaupun saya berani takutnya nanti hasilnya dibilang positif sama perawatnya. Saya tahu saya melanggar, saya bayar denda saja Pak," kata Adah (54), warga Kecamatan Gekbrong saat diminta melakukan res cepat oleh petugas, dilansir Antara, Senin (18/5).

Adah tidak menyangka orang yang hendak disogok dengan pembayaran uang itu, adalah Bupati Cianjur. Bupati Herman yang mendapati hal tersebut sempat tersenyum sambil menghampiri ibu tersebut dan menjelaskan pentingnya tes cepat untuk mengetahui kondisi kesehatan warga agar terhindar dari virus berbahaya. Setelah mendapat penjelasan itu, barulah Adah berani melakukan tes cepat.

"Sebagian besar warga dan pedagang yang melakukan tes cepat hasilnya negatif. Sekitar 30 orang kita lakukan tes cepat dan pengecekan suhu tubuh. Mereka kami anjurkan untuk mematuhi larangan tidak keluar rumah selama PSBB karena belanja sekarang cukup lewat 'online' (daring)," kata Herman.

Baca Juga: Yana Mulyana: Petugas di 19 Check Point Kota Bandung Segera SWAB Tes!

Baca Juga: 24 Santri Temboro Magetan Dinyatakan Sembuh dari COVID-19 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya