Comscore Tracker

Bupati Bangga Pakaian Adat Simalungun Dipakai Ibu Negara Saat Upacara

Iriana juga mengenakan tas tangan bertuliskan "horas"

Simalungun, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara merasa bangga di perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia pada Sabtu (17/8). Sebab, untuk kali pertama baju adat Simalungun dikenakan oleh ibu negara. Adalah Iriana Jokowi yang mengenakan baju adat tersebut untuk upacara pengibaran merah putih di Istana Merdeka pada Sabtu pagi. 

Kebanggaan itu disampaikan Bupati Simalungun JR Saragih saat memimpin upacara yang dilaksanakan di Lapangan SLTP Negeri 1, Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Simalungun pada pagi tadi. Lalu, apa yang disampaikan oleh Bupati Saragih?

1. Etnis Simalungun bangga dengan pakaian yang digunakan Iriana Joko Widodo

Bupati Bangga Pakaian Adat Simalungun Dipakai Ibu Negara Saat UpacaraDok.IDN Times/istimewa

Sebagai Kepala Daerah, JR Saragih memberikan apresiasi kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang telah memakai pakaian adat Suku Simalungun. Sebagai putra Simalungun, Bulang Simalungun yang dipakai Ibu negara menjadi kebanggaan tersendiri baginya. Ia yakin hal sama dirasakan oleh seluruh etnis Simalungun di seluruh dunia.

"Saya sampaikan penghormatan dan apresiasi pada Ibu Negara RI yang hari ini memakai pakaian adat Simalungun pada upacara di Istana Negara. Ini merupakan penghargaan bagi masyarakat Simalungun untuk bisa semakin maju dan bangga kepada budaya dan daerahnya," kata Saragih.

Pada kesempatan itu juga, JR Saragih berpesan agar di dalam usia 74 tahun negara ini merdeka, segenap masyarakat Simalungun bersama- sama bergandengan tangan dalam rangka membangun Simalungun menjadi lebih baik ke depan. 

Baca Juga: Baju Adat Simalungun Jadi Pilihan Iriana dan Dihiasi Tas 'Horas'

2. Upacara bendera di Kabupaten Simalungun juga diikuti peserta yang mengenakan pakaian adat

Bupati Bangga Pakaian Adat Simalungun Dipakai Ibu Negara Saat UpacaraDok.IDN Times/istimewa

Pemerintah Kabupaten Simalungun turut menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 dengan memakai pakaian adat dari daerah asal masing-masing.

Dalam upacara ini, Bupati Simalungun, JR Saragih bertindak sebagai inspektur upacara yang memimpin peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan dibunyikan sirene dan letusan kembang api. Sementara, pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba yang dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Kakan Kemenag Simalungun Sakoanda Siregar.

Sebagai Komandan Upacara Mayor Inf. Hasanuddin Batubara dan perwira upacara Mayor Inf MS Sianturi (Kasdim 0207/Simalungun). Natalia Safitri Munthe dari SMA Negeri 1 Silimakuta bertugas sebagai pembawa baki menerima bendera yang lalu diserahkan kepada pengibar bendera yakni Angga Winata dan Bagas Saragih dari SMA/SMK Plus Efarina serta Van Jonathan Malau dari SMA GKPS Pamatang Raya.

Lalu, untuk apa peserta upacara mengenakan pakaian adat? Menurut Saragih, hal itu sebagai pengingat budaya masing-masing daerah begitu indah. Selain itu, hal tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada budaya daerah. 

"Simalungun merupakan miniatur Indonesia, sehingga pada upacara kali ini kita mengenakan pakaian adat kita masing-masing," ujar Bupati.

3. Berbagai hiburan digelar untuk merayakan kemerdekaan Indonesia

Bupati Bangga Pakaian Adat Simalungun Dipakai Ibu Negara Saat UpacaraDok.IDN Times/istimewa

Pada upacara ini, Pemkab Simalungun juga memberikan bingkisan kepada para pejuang kemerdekaan, janda veteran serta siswa-siswi berprestasi. Bupati juga menyaksikan penampilan defile marching band dari Ajenrem 022/ PT yang dipimpin oleh Mayor Inf. S. H. Tanjung, SMA/SMK Plus Efarina serta dari TK, SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Simalungun.

Usai pelaksanaan Upacara, Pemkab Simalungun turut menggelar panggung hiburan rakyat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 yang diadakan di lapangan SLTP Negeri 1 Pamatang Raya. Panggung hiburan ini dimeriahkan oleh artis ibukota dan daerah.

Baca Juga: Gaya Berkebaya Srikandi Kabinet Jokowi Saat HUT RI, Bikin Pangling!

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You