Dari Pesinetron sampai Pedangdut, Ini Artis Caleg yang Gagal di Jateng

Popularitas bukan jaminan bisa meraih banyak suara

Semarang, IDN Times -Setidaknya 19 artis yang ikut bertarung sebagai caleg dalam Pemilu 2019 di Dapil Jawa Tengah diprediksi gagal melenggang ke Senayan. Belasan artis yang tidak lolos menjadi anggota dewan yang terhormat tersebut sebagian besar merupakan caleg dari Partai Nasdem.

Beberapa artis yang diprediksi gagal menjadi anggota DPR itu, antara lain Nafa Urbach, Vicky Zhu, Anissa Bahar, Kristina, dan Bertrand Antolin.

 

Baca Juga: Daftar Nama Caleg Dapil Bali yang Merebut 9 Kursi DPR RI

1. Caleg dari kalangan selebriti kurang paham karakter masyarakat Jateng

Dari Pesinetron sampai Pedangdut, Ini Artis Caleg yang Gagal di JatengDok. IDN Times

Kegagalan para artis sebagai wakil rakyat itu dipastikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Jateng, Setyo Maharso, Jumat (10/5). Menurut Setyo, kebanyakan artis gagal meraih target suara di Jawa Tengah karena beberapa hal teknis, salah satunya karenamereka  pendatang baru yang belum tahu karaster masyarakat yang ada di dapilnya. 

"Mereka tidak pernah hidup di wilayah Jateng, tidak pernah atau kurang berinteraksi dengan masyarakat Jateng, jadi yang sulit. Ini sebagai bukti bahwa menjadi anggota Dewan itu tidak bisa dilakukan secara instan," kata Setyo kepada IDN Times.

2. Ngetop ternyata gak jaminan dipilih

Dari Pesinetron sampai Pedangdut, Ini Artis Caleg yang Gagal di JatengAntara Foto

Setyo mengungkapkan sekarang ini popularitas para artis tidak bisa menjadi jaminan bahwa mereka bakal meraup banyak suara. Terlebih jika mereka sebelumnya tidak pernah berhubungan dengan para calon konstituennya.


"Masyarakat sudah pintar. Mereka sekarang lebih kritis dalam memandang sosok caleg dari kalangan artis. Jadi, meski terkenal bukan jaminan elektabilitasnya tinggi," tuturnya. 

3. Sebelumnya para caleg artis sudah dibekali visi misi dari partai

Dari Pesinetron sampai Pedangdut, Ini Artis Caleg yang Gagal di JatengPartai Nasdem

Partai Nasdem, kata Setyo, selama ini sudah membekali caleg-caleg artis dengan visi dan misi partai. Penanaman visi misi tersebut menurutnya sudah berjalan dengan baik. Karena itu Setyo menilai faktor elektoral tidak berbanding lurus dengan pembekalan visi dan misis. 

"Visi dan misi sudah diberikan dengan baik kok. Memang faktor elektoral tidak berbanding lurus dengan faktor pembelajaran visi dan misi. Tidak ada hubungannya itu," terangnya.

4. Banyak caleg artis minim jam terbang sebagai politisi

Dari Pesinetron sampai Pedangdut, Ini Artis Caleg yang Gagal di JatengDok. IDN Times

Kendala lain yang dihadapi caleg artis adalah jam terbang sebagai politisi yang masih sangat kurang. Hal itu mengakibatkan caleg artis kesulitan dalam menyusun strategi untuk memperebutkan suara pemilih.

"Sosialisasi sebagai caleg ke masyarakat itu penting. Tapi  kalau masyarakat menganggap artis yang bersangkutan tidak paham politik ya gak akan dipilih. Itu yang menghambat mereka," ujar Setyo. 

5. Sebanyak 19 caleg artis berebut sebagai anggota DPR RI di wilayah Jawa Tengah

Dari Pesinetron sampai Pedangdut, Ini Artis Caleg yang Gagal di JatengAntara Foto

Setyo menyebut 19 caleg artis yang nyaleg dari Nasdem sebagian besar memperebutkan kursi DPR RI. Beberapa artis dan publik figur yang gagal menuju senayan itu antara lain, pesinetron Ahmad Adly Fairuz, mantan juara dunia tinju Chris Jhon, Cut Meyriska, Vicky Zhu, Bertrand Antolin, Nafa Urbach, pedangdut Anissa bahar dan Kristina.

"Ada 19 caleg artis di Jateng yang belum beruntung. Untuk Chris Jhon saya belum tahu perolehan suaranya karena masih dihitung KPU Jateng," ujar Setyo.  



Baca Juga: Desy Ratnasari dan 4 Caleg Petahana Dipastikan Lolos Jadi Anggota DPR 

Topik:

Berita Terkini Lainnya