Comscore Tracker

3 Orang Tersapu Ombak Pantai Suwuk Kebumen, 2 Masih Hilang

Upaya pencarian terhalang ombak tinggi

Kebumen, IDN Times - Peristiwa nahas menimpa tiga wisatawan di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen, Jawa Tengah. Ketiganya terseret ombak dan hilang pada Kamis (6/6) pukul 15.15 WIB.

Dari tiga orang itu, satu di antaranya kemudian selamat dan dua lainnya masih hilang. Kedua korban yang belum ditemukan adalah Supriyanto (39) dan Arya Wijaya Kusuma (14). Sedangkan korban selamat bernama Fauzan Izni (17), berhasil ditemukan oleh petugas SAR.

Baca Juga: Pencarian Saleh Korban Tenggelam Saat Padusan di Sungai Progo Nihil

1. Awalnya tiga orang yang tenggelam, tapi satu orang bisa diselamatkan

3 Orang Tersapu Ombak Pantai Suwuk Kebumen, 2 Masih HilangIDN Times/Sunariyah

Kejadian nahas tersebut bermula ketika korban bersama keluarganya sedang asyik berlibur di kawasan Pantai Suwuk. Saat tengah berenang di lokasi yang agak menjorok ke dalam laut, tanpa sadar dari belakang mereka muncul gulungan ombak yang cukup tinggi.

Koordinator Pos SAR Cilacap, Mulwahyono mengungkapkan, awalnya ada tiga orang yang terkena gulungan ombak di Pantai Suwuk. Tapi seorang korban atas nama Fauzan Izni, berhasil diselamatkan oleh regu SAR yang bersiaga di lokasi kejadian.

"Remaja yang bernama Fauzan ini bisa kita raih tangannya untuk diselamatkan ke tepi pantai. Yang dua orang lagi sampai sekarang belum bisa ditemukan keberadaannya," kata Mulwahyono kepada IDN Times, Jumat (7/6).

2. Tim SAR kerahkan semua kemampuan untuk melacak korban

3 Orang Tersapu Ombak Pantai Suwuk Kebumen, 2 Masih HilangBasarnas Cilacap

Mulwahyono mengaku, kecelakaan air tersebut muncul sekitar pukul 15.15 WIB. Para personel TIM SAR kemudian dikerahkan untuk menelusuri bibir Pantai Suwuk untuk melacak keberadaan tubuh korban.

"Kita pakai semua alat pertolongan khusus untuk korban tenggelam. Termasuk perahu karet, kendaraan pantai dan jaket pelampung. Namun, sampai sekarang hasilnya masih nihil," ujarnya lagi.

3. Upaya pencarian terhalang ombak setinggi lima meter

3 Orang Tersapu Ombak Pantai Suwuk Kebumen, 2 Masih HilangIDN Times/Sunariyah

Mulwahyono menyatakan, kondisi ombak yang terpantau setinggi lima meter menyulitkan personelnya untuk memaksimalkan upaya pencarian.

Terlebih lagi cuaca di Kebumen kurang bersahabat. Cuaca tergolong cerah dengan angin barat berembus kencang ke arah timur.

"Ombak sedang tinggi-tingginya, jadi kita menunggu ombak normal baru melanjutkan pencarian," ujar Mulwahyono.

4. Jumlah personel tim SAR akan ditambah

3 Orang Tersapu Ombak Pantai Suwuk Kebumen, 2 Masih HilangBasarnas Cilacap

Kepala Basarnas Jawa Tengah Aris Sofingi menuturkan, upaya pencarian terhadap kedua korban masih dilanjutkan keesokan harinya. Para korban merupakan warga Desa Purwodadi RT 02/RW I, Kecamatan Kuwarasan Kebumen.

Pihaknya besok akan mengerahkan dua grup penolong dan sebuah unit personel gabungan. Tim akan memfokuskan penelusuran ke lokasi kejadian menuju arah timur sejauh tiga kilometer. Kemudian penyisiran juga diarahkan ke arah barat dari lokasi kejadian sejauh dua kilometer.

"Kita upayakan supaya korban secepatnya ditemukan sehingga dapat diserahkan ke pihak keluarganya," tegas Aris.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pantai Bandengan Diserbu Ribuan Wisatawan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya