Comscore Tracker

Pulang dari Tiongkok-Taiwan, 31 Orang di Sumsel Jalani Pengawasan

Dinkes yakin Sumsel bebas virus corona

Palembang, IDN Times - Kepala Seksi Survaince Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Yusri mengatakan, saat ini pihaknya masih memantau 31 orang yang baru pulang dari Tiongkok dan Taiwan. Pengawasan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Tiongkok.

Mereka yang baru tiba dari Tiongkok terdiri dari 24 mahasiswa, dua Tenaga Kerja Indonesia (TKI), empat Tenaga Kerja Asing (TKA), dan seorang turis. Sebanyak 18 orang berada di Palembang, tiga di Kabupaten Ogan Komering Ilir, dua di Kabupaten Ogan Ilir, dan seorang di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Termasuk mahasiswa yang pulang awal bulan (Februari) kemarin. Ada lagi tenaga kerja wanita (TKW), tenaga kerja asing, dan turis. Mereka berasal dari Tiongkok, tapi bukan di daerah endemis dan dari Taiwan, tapi tetap masih dilakukan pengawasan selama inkubasi 14 hari," kata dia, Sumsel, Selasa (18/2).

1. Dinkes Sumsel lakukan prosedur dan upaya pencegahan secara medik

Pulang dari Tiongkok-Taiwan, 31 Orang di Sumsel Jalani PengawasanKantor Dinas Kesehatan Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yusri menjelaskan, sesuai prosedur dan upaya pencegahan secara medik, tim dari Dinkes Sumsel wajib memeriksa 31 orang tersebut selama masa inkubasi.

"Suhu tubuh, kondisi daya tahan, hingga cek darah mereka diperiksa setiap hari, dan untuk mengantisipasi kita lakukan pemantauan," kata dia.

Baca Juga: Virus Corona: 2 Penumpang Diamond Princess Asal Jepang Meninggal

2. Dinkes Sumsel bebaskan 11 orang dari pengawasan

Pulang dari Tiongkok-Taiwan, 31 Orang di Sumsel Jalani PengawasanIlustrasi medik di ruang isolasi di RS Wuhan, Foto diambil tanggal 16 Februari 2020. (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Yusri menjelaskan hasil pemeriksaan 31 orang tersebut, 11 di antaranya sudah dipastikan bebas dari virus corona maupun penyakit lainnya.

"Baru hari ini 11 orang bebas pengawasan, karena mereka tidak menunjukkan gejala dengan kriteria corona. Mereka tidak demam dengan suhu tinggi, meskipun mereka batuk-batuk. Batuk mungkin biasalah ya, penyakit umum. Sisanya masih berjalan pemeriksaan," kata dia.

3. Dinkes Sumsel memastikan tak ada pasien yang terjangkit virus corona

Pulang dari Tiongkok-Taiwan, 31 Orang di Sumsel Jalani PengawasanSituasi ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dinkes Sumsel, kata Yusri, meyakini tidak ada pasien terjangkit virus corona. Karena penerbangan dari Tiongkok tidak lagi beroperasi dan orang-orang sudah dipulangkan, serta pada tiap lingkungan dilakukan pengecekan ketat.

"Saya rasa Sumsel dan daerah di sekitar masih jauh untuk terkena penyebaran (virus corona). Apalagi untuk keluar masuk ke Tiongkok sudah terkunci, kalau memang mau pulang ke provinsi masing-masing wajib lewat Natuna dan melalui evaluasi. Kita berdoa saja sisanya juga bebas," kata dia.

Baca Juga: [UPDATE] 2.126 Orang Tewas Akibat Virus Corona, 16.326 Lainnya Sembuh

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya