Dinkes Sumsel Masih Pantau 31 Orang yang Pulang dari Tiongkok

Sudah 11 orang yang dibebaskan Dinkes Sumsel dari pantauan

Palembang, IDN Times - Kepala Seksi (Kasi) Survaince Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Selatan (Sumsel), Yusri mengatakan, saat ini pihaknya masih memantau 31 orang yang baru pulang dari Tiongkok dan Taiwan.

Mereka yang baru tiba dari Tiongkok tersebut, ada 24 mahasiswa, 2 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW), 4 tenaga kerja asing, dan satu orang turis. Sebanyak 18 orang berada di Palembang, 3 di OKI, 2 di Ogan Ilir dan 1 di Muba.

"Termasuk mahasiswa yang pulang awal bulan (Februari) kemarin. Ada lagi tenaga kerja wanita, tenaga kerja asing dan turis. Mereka berasal dari Tiongkok, tapi bukan di daerah endemis dan dari Taiwan, tapi tetap masih dilakukan pengawasan selama inkubasi 14 hari," katanya, Selasa (18/2).

1. Dinkes Sumsel lakukan prosedur dan upaya pencegahan secara medik

Dinkes Sumsel Masih Pantau 31 Orang yang Pulang dari TiongkokKantor Dinas Kesehatan Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yusri mengungkapkan, sesuai prosedur dan upaya pencegahan secara medik, tim dari Dinkes Sumsel wajib memeriksa 31 orang tersebut selama masa inkubasi.

"Suhu tubuh, kondisi daya tahan, hingga cek darah mereka diperiksa setiap hari dan untuk mengantisipasi kita lakukan pemantauan," ungkap dia.

2. Lewat masa inkubasi, Dinkes Sumsel bebaskan 11 orang dari pantauan

Dinkes Sumsel Masih Pantau 31 Orang yang Pulang dari TiongkokIlustrasi medik di ruang isolasi di RS Wuhan, Foto diambil tanggal 16 Februari 2020. ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Yusri menerangkan,hasil pemeriksaan dari 31 orang tersebut, 11 di antaranya sudah dipastikan bebas dari virus corona maupun penyakit lainnya.

"Baru hari ini 11 orang bebas pengawasan, karena mereka tidak menunjukkan gejala dengan kriteria corona. Mereka tidak demam dengan suhu tinggi, meskipun mereka batuk-batuk. Batuk mungkin biasalah ya penyakit umum. Sisanya masih berjalan pemeriksaan," terang dia.

Baca Juga: RSMH Palembang Sebut Pasien Tak Terjangkit Corona, tapi Diisolasi  

3. Dinkes Sumsel yakin tak ada pasien yang terjangkit virus corona

Dinkes Sumsel Masih Pantau 31 Orang yang Pulang dari TiongkokSituasi ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pihak Dinkes Sumsel sendiri, jelas Yusri, meyakini tidak ada pasien yang terjangkit virus corona. Karena, penerbangan dari Tiongkok tidak lagi beroperasi dan orang-orang sudah dipulangkan, serta pada tiap lingkungan dilakukan pengecekan yang ketat.

"Saya rasa Sumsel dan daerah di sekitar masih jauh untuk terkena penyebaran (virus corona). Apalagi untuk keluar masuk ke Tiongkok sudah terkunci, kalau memang mau pulang ke provinsi masing-masing wajib lewat Natuna dan melalui evaluasi. Kita berdoa saja sisanya juga bebas,," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya