Comscore Tracker

Terjangkit Virus Corona, Dokter Senior di Surabaya Meninggal 

Dokter Tjahjadi meninggal dunia pada Minggu 31 Mei 2020

Surabaya, IDN Times - Di tengah pandemik virus corona, dunia medis kembali berduka. Seorang dokter di Surabaya, Jawa Timur, meninggal dunia setelah sebelumnya diketahui positif COVID-19 dan berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Dokter yang bernama Ignatius Stanislaus Tjahjadi sehari-hari menangani pasien COVID-19 di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Weran, Surabaya.

Baca Juga: 2 Dokter dan 5 Perawat di RSUD Daya Makassar Positif COVID-19

1. Dokter Tjahjadi menangani COVID-19 karena ahli di bidang tersebut

Terjangkit Virus Corona, Dokter Senior di Surabaya Meninggal Ketua Gugus Tugas Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/5). Dok istimewa

Ketua Gugus Tugas Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi mengungkapkan, dokter Ignatius Stanislaus Tjahjadi menangani COVID-19 karena ahli di bidang tersebut.

"SARS Cov 2 itu virus yang sangat menular. Tidak peduli siapa pun," kata Joni sembari menahan air mata melihat video pengantaran peti jenazah dokter Tjahjadi yang diiringi lagu gugur bunga, Selasa (2/6).

2. Sosok senior dengan segudang pengalaman di bidang penyakit dalam

Terjangkit Virus Corona, Dokter Senior di Surabaya Meninggal Dokumentasi Ikatan Dokter Indonesia

Joni menjelaskan, Tjahjadi adalah sosok dokter senior yang sangat ahli di bidangnya. Ia merupakan dokter spesialis penyakit dalam dengan segudang pengalaman terutama menangani penyakit dalam di Kota Surabaya.

"Penularannya bisa saja meski sudah pakai APD. Karena virus ini menularnya sangat luar biasa. Bisa saja sempat masuk saat proses pelepasan APD," tutur Joni.

Baca Juga: Dokter Spesialis Jantung RSUD Klungkung Positif COVID-19

3. Tjahjadi meninggal setelah 4 hari dirawat

Terjangkit Virus Corona, Dokter Senior di Surabaya Meninggal Ilustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Halik Malik menyampaikan, dokter Tjahjadi meninggal dunia pada Minggu 31 Mei 2020. Ia meninggal di ruang ICU RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya setelah sempat dirawat selama 4 hari.

"Berita duka telah meninggal dunia dr. I.S. Tjahjadi, SpPD pada hari minggu (31/5) pukul 22.45 WIB di ICU RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya," tutur Halik.

Baca Juga: Dokter Senior di Surabaya Meninggal dalam Status PDP

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya