Pertama di Jatim, Kota Madiun Jadi Zona Hijau COVID-19

Semoga daerah lainnya segera menyusul

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur mengumumkan satu daerah pertama di Jatim yang berhasil lolos menjadi zona hijau COVID-19. Daerah ini adalah Kota Madiun, setelah melewati serangkaian penilaian untuk menentukan kelayakan sebagai zona hijau.

1. Sebelumnya seluruh kota/kabupaten di Jatim masuk zona merah

Pertama di Jatim, Kota Madiun Jadi Zona Hijau COVID-19Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Dok.IDN Times/Istimewa

Khofifah menuturkan bahwa hal ini menjadi kabar gembira bagi warga Kota Madiun dan juga warga Jatim. Sebab, sebelumnya seluruh kabupaten/kota menjadi zona merah atau risiko tinggi penularan COVID-19. Kini Kota Madiun menjadi daerah pertama yang berubah kembali menjadi zona hijau.

Dengan ditetapkan sebagai zona hijau, maka Kota Madiun bisa dikatakan sebagai daerah yang berhasil mengontrol persebaran COVID-19.

“Alhamdulillah, ini pecah telur zona hijau di Jatim. Tentu kita bersyukur bahwa Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jatim yang menjadi zona hijau. Semoga segera disusul dengan daerah lain Jatim menjadi hijau,” ujarnya melalui siaran pers Humas Pemprov Jatim, Sabtu (20/6).

2. CFR Kota Madiun nol persen

Pertama di Jatim, Kota Madiun Jadi Zona Hijau COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Khofifah melanjutkan, berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, tingkat kematian kasus COVID-19 di Kota Madiun adalah nol atau case fatality rate (CFR) 0 persen.

“Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Madiun selama 3 bulan tercatat hanya ada 7 orang. Testing melalui rapid test juga telah dilakukan secara masif, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan TCM. Selain itu, tren penambahan jumlah pasien positif COVID-19 sangat rendah, rata-rata hanya bertambah satu orang setiap 1-2 minggu," lanjutnya.

Baca Juga: Penerimaan Pajak Daerah Kab Madiun Justru Meningkat di Tengah Pandemik

3. Beberapa faktor lain yang menjadikan Kota Madiun zona hijau

Pertama di Jatim, Kota Madiun Jadi Zona Hijau COVID-19Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menggelar konferensi pers di gedung Grahadi, Senin (27/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, salah satu yang menjadi alasan Kota Madiun berhasil menjadi zona hijau adalah tracing ratio di Kota Madiun yang bagus. Setiap satu pasien terkonfirmasi positif rata-rata ditemukan tracing OTG/ODP sebanyak 30 orang dan segera dilakukan isolasi.

Ditambah lagi selama masa pandemik, PDP yang meninggal di Kota Madiun tercatat hanya 3 orang dan swab ketiganya negatif. Kota Madiun sebelumnya juga mendapatkan penghargaan dalam kategori tertinggi Kota Sehat oleh Menkes Terawan dan Mendagri Tito Karnavian pada akhir tahun 2019.

“Semoga capaian ini menjadi motivasi bersama untuk Jawa Timur bisa terbebas dari COVID-19. Tapi meski sudah berstatus sebagai zona hijau, bukan berarti warga Kota Madiun kemudian lengah untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan. Memakai masker, physical distancing, mencuci tangan dengan sabun harus terus dilakukan, sampai pandemik ini benar-benar berakhir,” ungkapnya.

4. Ada 7 daerah yang masih zona merah

Pertama di Jatim, Kota Madiun Jadi Zona Hijau COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, kini zona merah atau daerah berisiko tinggi penularan COVID-19 Jatim telah turun dari 12 daerah menjadi 7 daerah. Yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Mojokerto

Sedangkan untuk zona oranye atau daerah dengan risiko sedang penularan COVID-19 yaitu Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tuban, dan Kabupaten Lamongan.

Berikutnya untuk zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan COVID-19 di Jatim meliputi Kabupaten Madiun, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Jelang New Normal, Pemkot Madiun Berencana Buka Kembali Diskotek

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya