Comscore Tracker

Dikritik Soal Kolam, Ridwan Kamil Paparkan yang Dibangun Gubernur Lama

Gubernur sebelumnya bangun berbagai fasilitas

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut revitalisasi rumah dinasnya, Gedung Pakuan, seharga Rp4 miliar merupakan hal biasa. Dia mengatakan tidak sepatutnya anggaran miliaran rupiah yang digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas, termasuk kolam renang itu, dipandang sinis.

Tak hanya itu, Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil--menyebut penambahan fasilitas di atas rumah dinas seluas hampir dua hektare itu, juga dilakukan gubernur-gubernur sebelumnya.

“Saking luasnya, gubernur yang dulu membangun fasilitas masjid. Dipakai salat Jumat sama warga, saking besarnya. Gubernur berikutnya, membangun gedung olahraga. Bentuknya gedung, bukan lapangan, saking besarnya di zona olahraga. Ada lapang tenis, basket, fasilitas fitness dan sebagainya. Pak Aher (Ahmad Heryawan) membuat macam-macam,” kata dia, ketika ditemui wartawan di Gedung DPRD Jabar, Jumat (15/11).

1. Gedung Pakuan sudah 20 tahun tidak direvitalisasi

Dikritik Soal Kolam, Ridwan Kamil Paparkan yang Dibangun Gubernur LamaANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dia menilai bahwa perbaikan itu merupakan sesuatu yang harus dilakukan mengingat bangunan berusia dua abad itu tak pernah direvitalisasi selama 20 tahun. Sejumlah titik yang akan mengalami revitaliasi di Gedung Pakuan di antaranya ialah pengaspalan jalan dan pembangunan taman.

Tak hanya itu, yang jadi sorotan publik ialah pembangunan kolam renang senilai Rp1,2 miliar demi pemulihan cedera kaki kiri sang gubernur.

2. Gedung Pakuan dinilai perlu perbaikan

Dikritik Soal Kolam, Ridwan Kamil Paparkan yang Dibangun Gubernur LamaIDN Times/Humas Pemprov Jabar

Karena berusia dua abad dan tak pernah direvitalisasi, Emil menilai bahwa apa yang dilakukan pemerintah telah tepat. “Sudah 20 tahun tidak ada yang namanya renovasi (rumah dinas), yang ada hanya perawatan saja. Jadi, saya penambahan fasilitas olahraga itu sesuai kebutuhan,” kata Emil, Jumat (15/11).

“Dalam rutinitas masterplan perbaikan yang namanya (Gedung) Pakuan, saya arahkan dan setujui kolam yang sebenarnya tidak terlalu besar,” tuturnya.

Baca Juga: Di Rumah Dinas Ridwan Kamil Dibangun Kolam Renang Rp1,5 Miliar

3. Tidak hanya untuk kolam renang

Dikritik Soal Kolam, Ridwan Kamil Paparkan yang Dibangun Gubernur LamaDok.IDN Times/Istimewa

Lagian, kata dia, total Rp4 miliar itu tak hanya digunakan untuk membuat kolam renang di rumah dinasnya. Lebih daripada itu, Pemerintah Provinsi Jabar juga menggunakan anggaran tersebut untuk pembangunan infrastruktur seperti pengaspalan jalan dan taman Gedung Pakuan.

Maka itu, ia berharap masyarakat tak khawatir karena semua proyek strategis seperti program penanggulangan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat dipastikannya tidak akan terabaikan. 

“Pertama tidak menghamburkan uang negara semuanya sesuai kebutuhan. Yang kedua, yang namanya semua urusan Gedung Pakuan memang akan berlangsung setiap tahun, karena ini bangunan berserjarah yang harus dirawat disempurnakan,” ucap dia.

4. Kolam renang demi penyembuhan cedera kaki kiri

Dikritik Soal Kolam, Ridwan Kamil Paparkan yang Dibangun Gubernur LamaIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait rekomendasi dokter atas kesehatannya, Emil mengaku tengah mengalami cedera kaki kiri. Olahraga berenang diklaimnya dapat menyembuhkan cedera dengan cepat.

“Kebutuhannya sangat nyata. Saya itu kaki saya cedera yang kiri. Dokter menyarankan supaya bisa fit bagi gubernur Jabar, tidak boleh lagi berolahraga yang sifatnya impact (langsung ke kai) seperti lari, loncat-loncat dan sebagainya. Harus terapi dengan yang namanya berenang,” kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Akui Kolam Renang Seharga Miliaran untuk Terapi Kakinya

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You