Comscore Tracker

Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

Setya Novanto satu lapas dengan Gayus Tambunan

Bandung, IDN Times – Aksi mantan Ketua DPR RI Setya Novanto keluar dari lapas untuk pelesiran ke toko material, membuatnya harus rela dipindah ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak, memastikan bahwa hukuman berupa pindah lapas dijatuhkan kepada Setya Novanto tak lama setelah narapidana kasus korupsi e-KTP itu kepergok pelesiran ke sebuah toko material bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6) malam.

Sebelumnya, aksi Setnov, sapaan akrab Setya Novanto, pelesiran ke Padalarang terekam dalam sebuah foto yang viral di media sosial. Dalam foto tersebut, ia menggunakan kemeja lengan pendek, kepala ditutupi topi hitam, dan wajah tertutup masker. Tak hanya itu, dalam gambar tersebut ia juga tampak tengah berbincang dengan seorang perempuan berjilbab.

Tak perlu waktu lama bagi Liberti untuk mencari kebenaran dari foto viral itu. Liberti yang didampingi Kepala Lapas Sukamiskin, Tejo Harwanto, langsung menggelar jumpa pers di Lapas Sukamiskin untuk mengonfirmasi segala pertanyaan tentang pelesiran Setnov.

Keluarlah keputusan bahwa Setnov akan dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, sebagai hukuman atas aksi bandelnya di Lapas Sukamiskin.

Baca Juga: Setya Novanto Makan di Rumah Makan Padang, Kumham: Sekalian Cari Angin

1. Dipindahkan dengan mobil ambulans

Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung SindurIDN Times/Galih Persiana

Setelah memastikan pemindahan tersebut, Setnov yang sudah kembali berada di Lapas Sukamiskin langsung digiring masuk ambulans sekitar pukul 22.30 WIB. Malam itu juga, ambulans melesat mengantarkan Setnov ke Lapas Gunung Sindur.

Menurut Liberti, hal tersebut merupakan tindakan tegas dari Kemenkumham bagi siapa pun warga binaan Lapas Sukamiskin yang membandel. Ia berharap kejadian yang dialami Setnov menjadi pelajaran bagi warga binaan yang lain agar tak coba-coba membandel.

"Ini murni peristiwa hari ini mendasari saya mengambil keputusan secepat mungkin, malam ini juga. Ini tindakan yang harus saya lakukan sebelum saya melaporkan kepada Pak Menteri (Kemenkumham)," kata Liberti, Jumat (14/6) malam, di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung.

2. Pendalaman kasus Setnov dilakukan di Lapas Gunung Sindur

Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung SindurIDN Times/Galih Persiana

Meski telah mendapatkan hukuman pemindahan, bukan berarti Kemenkumham tak memproses Setnov dengan adil. Kemenkumham, kata Liberti, akan memeriksa lebih dalam kasus pelesiran itu sesampainya di Gunung Sindur.

"(Saya harap) Selasa atau Rabu (pekan depan) sudah selesai pemeriksaan, sehingga kami bisa tahu di mana benang merahnya,” tutur Liberti.

3. Kemenkum HAM minta maaf

Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung SindurIDN Times/Galih Persiana

Dibenarkannya peristiwa pelesiran Setnov tentu bikin heboh. Bagaimana tidak, Lapas Sukamiskin seakan terus diwarnai kabar memberikan kemanjaan pada para warga binaannya.

Sebelum kabar tentang Setnov pelesiran ramai, beberapa bulan lalu eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Hasyim, divonis hukuman penjara oleh Pengadilan Negeri Bandung karena terbukti memberikan hak istimewa pada salah satu narapidana, Fahmi Darmawansyah.

"Atas nama Kemenkum HAM, saya mohon maaf kepada publik, bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," tutur Liberti.

4. Lapas Gunung Sindur, penjara dengan keamanan maksimal

Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung SindurSumber Gambar: sosialberkarya.wordpress.com

Lapas Gunung Sindur merupakan penjara yang identik dengan terpidana terorisme. Abu Bakar Baasyir adalah salah satu nama terkenal yang mendekam di lapas tersebut.

Menurut Liberti, Lapas Gunung Sindur merupakan penjara dengan sistem keamanan maksimal atau maximum security.

"Dengan maximum security, di Gunung Sindur sangat ketat. Gak tiap pagi dibuka (pintu tahanan). Kalau di Lapas Sukamiskin kan tiap pagi dibuka. Warga binaan bisa saling bersosial," katanya.

Selain Setnov, ada pula terpidana kasus korupsi penggelapan pajak, Gayus Tambunan, yang telah lebih dulu dipindah dari Lapas Sukamiskin ke Gunung Sindur. Sama dengan Setnov, Gayus pun dikenal sebagai narapidana bandel karena kerap keluar lpas untuk pelesiran.

Baca Juga: Izin Sakit, Setnov Malah Membandel Minggat ke Toko Material

Topic:

  • Sunariyah

Just For You