Bupati Ismu Minta Penanaman Pohon Jadi Syarat Menikah

Hal tersebut Bupati katakan saat melakukan penghijauan

Sangatta, IDN Times - Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar senantiasa menggalakkan gerakan penanaman dan penghijauan di daerahnya. Seperti yang dilakukan Bupati pada kegiatan penanaman pohon di sekitar Kantor Camat Sangatta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, 2.000 bibit pohon buah-buahan ditanam di sekitar Kantor Camat Sangatta Selatan dan setiap pekarangan rumah warga serta di beberapa titik di wilayah tersebut.

1. Pasangan yang akan menikah dapat menyumbangkan satu bibit pohon

Bupati Ismu Minta Penanaman Pohon Jadi Syarat MenikahIDN Times/Humas Kutai Timur

Bupati H Ismunandar mengatakan, penanaman pohon ini diharapkan dapat menularkan rasa peduli terhadap lingkungan hidup. Bahkan, Bupati Ismu meminta penanaman pohon dapat dijadikan salah satu syarat bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. 

"Kalau bisa Kantor Urusan Agama (KUA) Sangatta Selatan memasukkan satu syarat pasangan yang akan menikah, dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk di tanam. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon. karena generasi saat ini adalah generasi menanam, bukan lagi generasi menambang," ujar Bupati Ismu.

2. Bupati juga menyerukan pemeliharaan pohon

Bupati Ismu Minta Penanaman Pohon Jadi Syarat MenikahIDN Times/Humas Kutai Timur

Pada 1970 adalah generasi menebang pohon habis-habisan. Apalagi dulu di pedalaman anak-anak tidak mau melanjutkan sekolah. Malah lebih memilih mencari batang pohon di sungai karena cepat menghasilkan uang. Namun, sekarang adalah generasi bagaimana menanam bisa menjadi untung," kata Ismu sapaan akrab bupati ini.

Pada kesempatan itu, Ismu juga tidak hanya mengingatkan soal menanam saja, tetapi harus ada pemeliharaan. Kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya seremonial.

"Apalagi musim kering pasti mati. Jadi habis menanam dipelihara jangan ditinggal. Karena kebiasaan kita habis menanam hanya seremonial saja. Sebab, kalau panen manis dan asamnya tergantung pemeliharaan," kata Bupati Ismu.

3. Kegiatan penanaman pohon merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup

Bupati Ismu Minta Penanaman Pohon Jadi Syarat MenikahIDN Times/Humas Kutai Timur

Sebelumnya, Camat Sangatta Selatan Hasdiah mengatakan, penanaman 2.000 pohon tersebut merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup yang melibatkan pemerintah dan elemen masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT KPC atas dukungan bibit pohon serta tokoh masyarakat, kepala UPT se-Kecamatan Sangatta Selatan, dan semua pihak yang juga mendukung kegiatan ini. Selanjutnya kami menyerahkan bibit pohon ke masing-masing RT untuk dibagikan ke setiap rumah agar ditanam di pekarangan," ujar Hasdiah.

Saat itu, penanaman dilakukan secara simbolis ditandai dengan penanaman pohon durian oleh Bupati Ismunandar didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat (Pemkesra), Suko Buono. Kegiatan tersebut melibatkan unsur FKPD, sejumlah perusahaan, masyarakat sekitar, serta mahasiswa KKN Universitas Mulawarman.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya