Comscore Tracker

Bupati Kutai Timur Ingin Penanaman Pohon Jadi Syarat Menikah Warganya

Bupati juga menyerukan pemeliharaan pohon

Sangatta, IDN Times - Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar senantiasa menggalakkan gerakan penanaman dan penghijauan di daerahnya. Seperti yang dilakukan pada kegiatan penanaman pohon di sekitar Kantor Camat Sangatta Selatan, Jumat (19/7) lalu.

Dalam kegiatan tersebut, 2 ribu bibit pohon buah-buahan ditanam di sekitar Kantor Camat Sangatta Selatan, dan setiap pekarangan rumah warga serta di beberapa titik di wilayah tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akar

1. Pasangan yang akan menikah harus menyumbangkan satu bibit pohon

Bupati Kutai Timur Ingin Penanaman Pohon Jadi Syarat Menikah WarganyaIDN Times/Humas Kutai Timur

Ismunandar mengatakan, penanaman pohon ini diharapkan dapat menularkan rasa peduli terhadap lingkungan hidup. Bahkan, ia meminta penanaman pohon dapat dijadikan syarat bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. 

"Kalau bisa Kantor Urusan Agama (KUA) Sangatta Selatan memasukkan satu syarat pasangan yang akan menikah, dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk ditanam. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon, karena generasi saat ini adalah generasi menanam, bukan lagi generasi menambang," ujar pria yang akrab disapa Ismu.

2. Bupati juga menyerukan pemeliharaan pohon

Bupati Kutai Timur Ingin Penanaman Pohon Jadi Syarat Menikah WarganyaIDN Times/Humas Kutai Timur

Pada 1970 adalah generasi menebang pohon habis-habisan. Apalagi dulu di pedalaman anak-anak tidak mau melanjutkan sekolah. Malah lebih memilih mencari batang pohon di sungai karena cepat menghasilkan uang.

"Namun sekarang adalah generasi bagaimana menanam bisa menjadi untung," kata Ismu.

Pada kesempatan itu, Ismu juga tak hanya mengingatkan soal menanam pohon saja, tetapi harus soal pemeliharaan. Kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya seremonial.

"Apalagi musim kering pasti mati. Jadi habis menanam dipelihara, jangan ditinggal. Karena kebiasaan kita habis menanam hanya seremonial saja. Sebab, kalau panen manis dan asamnya tergantung pemeliharaan," kata dia.

3. Penanaman pohon merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup

Bupati Kutai Timur Ingin Penanaman Pohon Jadi Syarat Menikah WarganyaIDN Times/Humas Kutai Timur

Sebelumnya, Camat Sangatta Selatan Hasdiah mengatakan, penanaman 2 ribu pohon tersebut merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup yang melibatkan pemerintah dan elemen masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT KPC atas dukungan bibit pohon serta tokoh masyarakat, kepala UPT se-Kecamatan Sangatta Selatan, dan semua pihak yang juga mendukung kegiatan ini. Selanjutnya kami menyerahkan bibit pohon ke masing-masing RT untuk dibagikan ke setiap rumah agar ditanam di pekarangan," ujar dia.

Saat itu, penanaman dilakukan secara simbolis ditandai dengan penanaman pohon durian oleh Bupati Ismunandar didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat (Pemkesra) Suko Buono. Kegiatan tersebut melibatkan unsur FKPD, sejumlah perusahaan, masyarakat sekitar, serta mahasiswa KKN Universitas Mulawarman.

Baca Juga: 6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You