Viral Jenazah Dimakamkan Masih Pakai Daster, Ini Jawaban Rumah Sakit

Hasil swab belum diketahui

Medan, IDN Times - Sebuah foto viral di media sosial soal jenazah yang dikebumikan karena suspek COVID-19. Jenazah tersebut diketahui masih memakai daster berlapis kain kafan. Sebelumnya ia dirawat di Rumah Sakit Sembiring.

Lalu apa jawaban pihak rumah sakit? Kabid Humas RS Sembiring, Sentosa Barus menjelaskan bahwa, jenazah tersebut sudah sesuai dengan protokol kesehatan dan sesuai fatwa MUI. “Sudah sesuai protokol kesehatan, sesuai fatwa MUI bahwa pakaian tidak dibuka,” ucap Sentosa saat dihubungi pada, Senin (27/7/2020).

1. Pihak keluarga dan RS Sembiring telah berdamai untuk lokasi pemakaman

Viral Jenazah Dimakamkan Masih Pakai Daster, Ini Jawaban Rumah SakitGedung RS Sembiring Kec. Delitua Kab. Deli Serdang (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Sebelumnya, jenazah telah dimakamkan di Pemakaman Suka Maju, STM Medan. Dirinya menjelaskan bahwa, pihak keluarga dengan RS Sembiring telah berdamai terkait lokasi pemakaman.

“Kan awalnya lama itu baru bisa berdamai dengan keluarga terkait pemakaman jenazah tersebut. Petugas yang melakukan pemulasaran juga sudah disediakan dari Rumah Sakit Sembiring,” ungkap Sentosa.

Baca Juga: Viral! Jenazah Pasien Suspek COVID-19 Dikubur Masih Pakai Baju Daster

2. RS Sembiring mengatakan, petugas sudah lakukan pemulasaran sesuai protokol dan fatwa MUI

Viral Jenazah Dimakamkan Masih Pakai Daster, Ini Jawaban Rumah SakitGedung RS Sembiring Kec. Delitua Kab. Deli Serdang (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Dirinya menegaskan pihak RS Sembiring telah melakukan tugasnya mulai dari awal hingga akhir, pada pasien tersebut sesuai aturan protokol COVID-19.

“Dari awal hingga akhir petugas sudah melaksanakan pemulasaraan sesuai protokol kesehatan dan fatwa MUI,” ungkap Sentosa Barus.

3. Pihak RS Sembiring menegaskan tak membuka peti jenazah

Viral Jenazah Dimakamkan Masih Pakai Daster, Ini Jawaban Rumah SakitJenazah terduga COVID-19 dikuburkan hanya memakai daster (Facebook.com/Ali Jenk)

Saat ditanya adanya peti terbuka, ia mengaku tak mengetahui hal tersebut. Hal ini dikarenakan, pihak dari RS Sembiring telah melakukan sesuai aturan dan tak membuka peti tersebut.

“Saya gak ngerti itu, saya hanya ngerti ketika diantar dari sini yang kebetulan saya ada langsung disitu, petinya itu ditutup dan dibungkus,” ucapnya.

Saat ditanya untuk hasil tes swab pada pasien tersebut, ia menjawab hingga sampai saat ini belum dilihat kembali. “Belum saya cek lagi (hasil tes swab),” tutupnya.

Baca Juga: Jenazah Dikubur Protokol COVID-19, Keluarga: Kembalikan Ibu Kami!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya