Comscore Tracker

Mengukur Kekuatan Dinasti Atut di Pilkada Serentak 2020

Tiga orang di lingkaran keluarga Atut akan ikut bertarung

Serang, IDN Times - Pilkada serentak yang akan digelar akhir 2020 makin memanas. Sejumlah calon mulai unjuk gigi, termasuk di Provinsi Banten. Politik dinasti diperkirakan masih meramaikan pemilu daerah di kawasan ini. Salah satunya, keluarga Ratu Atut Chosiah, mantan gubernur Banten yang terseret kasus korupsi.

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Leo Agustino menilai popularitas dan elektabilitas keluarga Ratu Atut Chasanah masih kuat. Dan, yang terkuat adalah Ratu Tatu Chasanah.

Ratu Tatu Chasanah yang merupakan adik Ratu Atut dan kembali akan mau di pilkada Kabupaten Serang. "Saya kira, popularitasnya (Tatu) masih yang paling utama. Dan ini menunjukkan realita pemilih di lapangan," kata Leo saat dikonfirnasi, Jumat (21/2).

Baca Juga: Nama-nama Dinasti Ratu Atut di Banten

1. Calon-calon yang muncul kurang potensial mengalahkan dinasti di Kabupaten Serang

Mengukur Kekuatan Dinasti Atut di Pilkada Serentak 2020IDN Times/khaerul anwar

Menurut Leo, beberapa nama penantang petahana di Pilkada Serang 2020 tidak terlalu kuat untuk "merebut" massa pendukung keluarga Atut.

"Tidak ada calon potensial yang dapat menantang petahana. Meski pada konteks Pilkada Kota Serang yang lalu, istri petahana (adik ipar Atut) bisa dikalahkan oleh pesaing lain," katanya.

Ya, pada Pilkada Kota Serang 2018,  keluarga Atut harus menelan pil pahit. Vera Nurlaela Jaman yang berpasangan dengan Nurhasan kalah melawan pasangan Syafrudin – Subadri. 

2. Selaku Ketua DPD Golkar Banten, Tatu memiliki kekuatan besar

Mengukur Kekuatan Dinasti Atut di Pilkada Serentak 2020IDN Times/khaerul anwar

Selain memiliki massa yang memiliki loyalitas terhadap dinasti, adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut itu juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Banten yang memiliki kekuatan massa partai hingga akar rumput.

"Walau begitu, politik selalu dinamis siapa pun bisa menjadi pemenang ataupun pecundang. Tapi dalam keadaan normal, Saya menilai petahana akan tetap keluar sebagai pemenang," katanya.

3. Nama-nama Dinasti Atut yang bakal maju di Pilkada 2020

Mengukur Kekuatan Dinasti Atut di Pilkada Serentak 2020Instagram/tantoarban

Dinasti Atut mendorong tiga orang dari kalangan keluarga untuk maju di Pilkada Serentak 2020. Adik Ratu Atut, Tatu Chasanah sebagai petahana akan maju kembali di Pilkada Serang dan menantu Atut ,Tanto W Arban, diprediksi akan maju mendampingi kembali petahan Irna Narulita di Pilkada Pandeglang.

Kemudian, keponakan Atut yang juga putra dari Bupati Serang Tatu Chasanah, Pilar Saga Ichsan. Pemilik klub sepak bola Perserang ini digadang-gadang akan maju di Pilkada Tangerang Selatan. Tak ketinggalan anak Atut yang saat ini duduk di Senayan Andiara Aprilia pun bakal maju di Pilkada Tangerang Selatan.

"Jika pun lawan mau menang (lawan dinasti Atut), maka strategi politik yang brilian yang harus dikembangkan. Bukan strategi konvensional," katanya.

Baca Juga: Pilkada Pandeglang 2020: Insan Seni Versus Politisi

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya