UMK Tertinggi di Indonesia, Masih Ada Desa Tertinggal di Karawang

Tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Karawang

Karawang, IDN Times - Kabupaten Karawang dikenal sebagai salah satu daerah industri di Jawa Barat dengan jatah APBD sekitar Rp4,7 triliun. Karawang juga menjadi salah satu daerah penyangga ibu kota Jakarta, dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota sebesar Rp4.594.325. 

Namun di tengah hiruk-pikuk pertumbuhan sektor industri, masih ada desa-desa di Karawang yang berkatagori desa tertinggal. Desa-desa tertinggal itu tersebar di sejumlah kecamatan sekitar Karawang, termasuk di salah satu kecamatan yang berdekatan dengan kawasan industri.

1. Ada 24 desa tertinggal

UMK Tertinggi di Indonesia, Masih Ada Desa Tertinggal di KarawangLinggau pos online

Sesuai dengan data Indeks Desa Membangun Kemendes, tercatat ada 24 desa di Karawang yang masuk katagori desa tertinggal.

Penilaian desa tertinggal berdasarkan tiga indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

2. Daftar desa tertinggal di Karawang

UMK Tertinggi di Indonesia, Masih Ada Desa Tertinggal di KarawangTen Thousand Villages

Ke-24 desa di Karawang yang berkatagori desa tertinggal di antaranya ialah Desa Tegallega Kecamatan Ciampel, Desa Dongkal dan Malangsari Kecamatan Pedes, serta Desa Sarijaya Kecamatan Majalaya.

Desa tertinggal lainnya ialah Desa Kedungjeruk, Cemarajaya dan Gebangjaya Kecamatan Cibuaya, Desa Muara dan Muara Baru Kecamatan Cilamaya Wetan, Desa Gempol Kolot, Banyuasih, Kertaharja, Tanjung, Mekarasih, Talunjaya, dan Desa Pamekaran Kecamatan Banyusari.

Begitu juga sejumlah desa di Kecamatan Cilebar, tercatat masih berkatagori desa tertinggal. Desa-desa itu ialah Desa Rawasari, Pusakajaya Selatan, Kosambi Batu, Pusakajaya Utara, Sukaratu, Ciptamargi, dan Desa Mekarpohaci.

3. Pemkab Karawang harus prioritaskan anggaran

UMK Tertinggi di Indonesia, Masih Ada Desa Tertinggal di KarawangUnsplash/Tra Nguyen

Anggota Komisi I DPRD Karawang Jajang Sulaeman mendesak agar Pemkab Karawang harus segera turun tangan mengatasi masih banyaknya desa tertinggal di wilayah Karawang.

Keberadaan desa tertinggal di Karawang dipandang sebagai sebuah ironi, karena Karawang merupakan daerah penyangga Jakarta yang dikenal sebagai daerah industri terbesar di wilayah Jawa Barat.

"Ini ironi, karena saat APBD kita tinggi, masih ada desa tertinggal," ujarnya.

4. Perlu anggaran khusus

UMK Tertinggi di Indonesia, Masih Ada Desa Tertinggal di Karawangpexels.com/Karolina Grabowska

Fenomena masih adanya desa tertinggal di Karawang harus menjadi "pekerjaan rumah" bersama, khususnya bagi Pemkab Karawang. "Jadi kita meminta agar pemkab mengalokasikan anggaran khusus untuk penanganan desa tertinggal itu," katanya.

Penanganan desa tertinggal harus segera dilakukan dengan mengalokasikan anggaran khusus. "Dari segi ekonomi, sosial, budaya, infrastruktur, dan segala macamnya harus dialokasikan anggarannya untuk penanganan desa tertinggal," ujarnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya