Comscore Tracker

Negatif COVID-19, 1 PDP Meninggal di Kaltim Dimakamkan Sesuai Protokol

Ada tiga PDP meninggal dunia di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) di Balikpapan, Kalimantan Timur, meninggal dunia. Hasil swab menyatakan ia negatif virus corona atau COVID-19, namun proses pemakaman mereka dilakukan sesuai protokol Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi melaporkan perkembangan kasus virus corona atau COVID-19 di Balikpapan pada Rabu (1/4). Rizal mengatakan tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif virus corona di Balikpapan. 

Baca Juga: Keluarga PDP COVID-19 yang Meninggal di Balikpapan Kini Berstatus ODP

1. Seorang PDP meninggal dunia dan dinyatakan negatif virus corona

Negatif COVID-19, 1 PDP Meninggal di Kaltim Dimakamkan Sesuai ProtokolIlustrasi (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.)

Rizal menuturkan PDP yang meninggal dunia tersebut dinyatakan negatif virus corona, setelah hasil swab diperiksa di laboratorium.

"Hasil laporan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya, hanya ada satu hasil lab dalam posisi negatif. Berkaitan dengan satu PDP yang dirawat di rumah sakit yang meninggal dunia hari ini. Almarhumah dalam posisi PDP meninggal dunia ternyata hasil lab Beliau negatif," kata Rizal, saat jumpa pers di Kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (1/4).

Negatif COVID-19, 1 PDP Meninggal di Kaltim Dimakamkan Sesuai Protokol(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: ODP di Kaltim Tembus 3.097, 4 PDP dari 2 Klaster COVID-19 dan Surabaya

2. PDP meninggal dimakamkan sesuai prosedur pasien COVID-19

Negatif COVID-19, 1 PDP Meninggal di Kaltim Dimakamkan Sesuai ProtokolIlustrasi (ANTARA FOTO)

Meskipun hasil laboratorium pasien tersebut menunjukkan negatif virus corona, PDP yang meninggal ini tetap dimakamkan sesuai protokol standar pemakaman jenazah virus corona. Pasien tersebut telah dimakamkan Rabu sore.

"Laporan ini bersamaan dengan persiapan kita memakamkan Beliau sesuai dengan protokol pasien corona. Kami berterima kasih kepada keluarga almarhumah, karena keluarga mengikhlaskan pemakaman seperti kemarin (protokol pemakaman COVID-19)," kata Rizal.

3. Sempat beredar hoaks PDP positif virus corona

Negatif COVID-19, 1 PDP Meninggal di Kaltim Dimakamkan Sesuai ProtokolPetugas ambulans membawa seorang pasien COVID-19 di Rumah Sakit Severo Ochoa, Leganes, Spanyol, pada 26 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Susana Vera

Pada Selasa (31/3) malam, salah satu PDP juga meninggal dunia. Tak lama kemudian beredar informasi hoaks, pasien tersebut telah terkonfirmasi positif virus corona. Padahal hasil laboratorium PDP yang meninggal tersebut belum keluar.

"Ada tiga meninggal, satu meninggal tadi malam. PDP yang hasil labnya belum kita terima. Saya sangat menyayangkan ada warga masyarakat yang men-share seolah-olah pasien tersebut sudah positif. Itu berisiko pelanggaran hukum menyebarkan berita bohong," ujar dia.

Seperti diketahui satu pasien lain yang meninggal dunia sebelumnya telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona, laki-laki usia 60 tahun. Dia meninggal pada Minggu (29/3) lalu.

Dari tiga PDP yang meninggal dunia, satu di antaranya terkonfirmasi positif virus corona, satu negatif, dan satu lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Rizal mengungkapkan, saat ini PDP di Balikpapan sebanyak 29 orang. Terbanyak diisolasi di RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo, yakni sejumlah 24 orang.

"Mereka yang dalam status ODP jumlahnya 1.321, ODP yang sudah selesai pemantauan 384 orang," kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu hasil laporan spesimen 13 pasien dan ada enam PDP yang spesimennya masih dalam pengiriman ke BBLK.

"Kemudian hari ini ada 16 orang yang kita ambil swab-nya. Kita segera kirimkan ke BBLK Surabaya," kata Rizal.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Klaster Gowa, Puluhan Santri Ponpes di Balikpapan ODP Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya