Comscore Tracker

Cerita Mahasiswi Kaltim Cek Kesehatan Selama Ikut Observasi di Natuna

Mereka siap kembali ke Tiongkok

Balikpapan, IDN Times - K Ristia Deli Rahman, mahasiswi asal Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang studi di Fakultas Kedokteran Hubei University of Science and Technology di Kota Xianning, Provinsi Hubei, Tiongkok, tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Minggu (16/2).

Ristia merupakan salah satu dari 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dijemput pemerintah Indonesia dari Wuhan, Tiongkok dan menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau selama 14 hari. Sebanyak 14 mahasiswa di antaranya berasal dari Kalimantan Timur.

Ristia bersama empat mahasiswi asal Kaltim telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing, melalui Balikpapan dan disambut langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Selain Ristia, ada seorang mahasiswi dari Balikpapan, dua mahasiswi dari Penajam Paser Utara, seorang lainnya dari Kutai Barat.

1. Ristia bahagia segera bertemu keluarga

Cerita Mahasiswi Kaltim Cek Kesehatan Selama Ikut Observasi di NatunaRistia (kiri) dan Paulina (kanan), mahasiswi Kaltim di Provinsi Hubei, Tiongkok yang telah menjalani observasi di Natuna (IDN Times/Mela Hapsari)

Selama menjalani masa observasi 14 hari, Ristia merasa diperlakukan dengan baik dan menikmati masa observasinya. "Intinya mendapatkan yang terbaik dari negara," kata dia.

Dia tak bisa menyembunyikan rasa senangnya akan segera pulang ke kampung halamannya setelah menghadapi ancaman wabah virus corona di Tiongkok beberapa pekan. Ia berencana menginap sehari di Balikpapan, sebelum kembali ke rumahnya di Tenggarong. 

"Senang, senang banget. Habis ini mau ketemu keluarga," kata Ristia, tersenyum.

Baca Juga: Cerita Pramesti, Karaoke di Karantina hingga Dijuluki Biduan Natuna

2. Tak ada satupun yang terkena virus corona

Cerita Mahasiswi Kaltim Cek Kesehatan Selama Ikut Observasi di NatunaRistia (kiri) dan Paulina (kanan) senang bisa segera kembali ke rumahnya setelah menjalani observasi di Natuna (IDN Times/Mela Hapsari)

Senada dengan Ritia, Paulina Sonali, mahasiswi Fakultas Kedokteran angkatan 2018 Hubei Polytechnic University, yang berada di Kota Huangshi, Provinsi Hubei, Tiongkok mengaku menjalani cek kesehatan cukup ketat selama menjalani observasi di Natuna.

"Kami diobservasi sedemikian rupa. Setiap hari kami diperiksa pagi, siang, dan malam, pengecekan suhu. Setiap minggu ada dua kali pengecekan tekanan darah. Setelah itu, setiap pagi kami senam pagi. Makanan kami dijamin sama pemerintah dan Kemenkes juga. Kami juga dilindungi sama TNI di sana. Mereka ramah-ramah sih. Kami di sana senang," kata dia.

Paulina juga mengaku bahagia bisa pulang ke Kaltim, apalagi dalam kondisi sehat tanpa virus corona. "Senang banget karena boleh pulang dan senang gak ada yang kena Covid-19," kata mahasiswi dari Melapeh, Kabupaten Kutai Barat ini.

3. Keluarga menyambut suka cita anggota keluarga mereka pulang dengan selamat

Cerita Mahasiswi Kaltim Cek Kesehatan Selama Ikut Observasi di NatunaFuad Ilmi, mahasiswi asal Penajam Paser Utara yang selesai menjalani observasi di Natuna, bersama ibunya, Ruang VIP Bandara SAMS Sepinggan, 16 Februari 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara, Fuad Ilmi, mahasiswi Fakultas Kedokteran, Hubei Minzu University, yang berada di Kota Enshi, Provinsi Hubei, Tiongkok juga mengaku senang, setelah selesai menjalani masa observasi di Natuna dan kembali ke Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah senang bisa ketemu keluarga. Bisa kumpul-kumpul sama saudara-saudara," kata mahasiswi asal Penajam Paser Utara ini.

Ia juga mengaku akan tetap meneruskan kuliahnya dan tak terlalu mencemaskan ancaman wabah virus corona. "Gak khawatir, karena percaya aja, kalau kita jaga diri insyaallah aman," kata Fuad.

Sementara, Farida, ibunda Fuad menuturkan, ia merasa senang dengan kepulangan anaknya, karena sebelumnya ia sempat cemas. Farida juga tak keberatan anaknya melanjutkan kuliah di Tiongkok ketika situasi sudah kondusif dan bebas dari corona.

"Saya senang sekali, alhamdulillah anak saya tiba dengan selamat," kata Farida. 

Baca Juga: Sempat Viral Corona Masuk Medan, Begini Penjelasan RSUP Adam Malik

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya