Comscore Tracker

Cerita Marina Jalani Observasi di Natuna: Asyik Bareng TNI, Friendly

Ada lima mahasiswa Kaltim belajar di Tiongkok

Balikpapan, IDN Times - Marina tersenyum saat turun dari bus yang membawanya dari landasan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan ke ruang VIP bandara itu. Bus ini mengangkut Marina bersama empat mahasiswi lainnya asal Kalimantan Timur, usai menjalani observasi virus corona selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Mahasiswi bernama lengkap Marina Febriana Chariah itu terlihat bahagia kembali ke Balikpapan. Ia disambut kedua orangtuanya dan adiknya. Bahkan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama jajarannya.

Keempat mahasiswi asal Kaltim lainnya yakni Fuad Ilmi dan Rizma dari Kabupaten Penajam Paser Utara, K Ristia dari Kutai Kartanegara, Paulina dari Kutai Barat. Mereka mendarat di Bandara SMAS Sepinggan, Minggu (16/2), sekitar pukul 09.00 Wita. 

Marina mengaku tak bosan selama menjalani observasi, ia justru menikmati masa observasi yang menurutnya suasananya menyenangkan.

"Di sana saya awalnya image-nya karantina itu bosan, dan kayak di dalam (ruangan) terus. Tapi di sana sama TNI malah dibawa enjoy, senang. Kita senam. Terus mereka friendly sama kita, jadi kayak seneng dan asyik aja di sana," kata Marina.

1. Marina akan kembali ke Tiongkok jika kondisi sudah kondusif

Cerita Marina Jalani Observasi di Natuna: Asyik Bareng TNI, FriendlyMarina Febriana Chariah telah kembali ke Balikpapan setelah menjalani observasi di Natuna (IDN Times/Mela Hapsari)

Marina tetap akan kembali ke Tiongkok untuk melanjutkan studinya di Fakultas Kedokteran, Hubei Minzu University, yang berada di Kota Enshi, Provinsi Hubei, Tiongkok. Hubei termasuk zona merah wabah corona, tempat virus ini pertama kali muncul.

Namun terkait kapan waktu perkuliahan akan dimulai kembali, Marina masih menunggu pengumuman dari kampus.

"Seharusnya kita masuknya 17 Februari, tapi karena ada virus outbreak ini universitas bilang sampai keadaan kondusif belajar online dulu. Sampai sekarang belum tahu detail pembelajaran online akan seperti apa," kata dia.

Terkait kekhawatiran pada virus corona jika kembali ke Tiongkok, Marina memang was-was. 

"Masih merasa kayak ada gak ya (virusnya)? Walaupun keadaan sudah kondusif. Tapi ya, kita jaga-jaga saja untuk kembali ke sana. Insyaallah kembali," ujar dia.

Tempat tinggal Marina dari Wuhan yang merupakan kota pusat penyebaran awal virus corona terbilang jauh. Jika menggunakan kendaraan umum, memakan waktu sekitar tujuh jam, atau lebih tiga jam jika menumpang kereta cepat.

Perasaan lega dan senang juga tak dapat disembunyikan sang ibunda, Rina Karmila. Ia mengaku bahagia anaknya dalam kondisi sehat. Terkait studi yang dijalani Marina di Tiongkok, Rina mengaku tak khawatir. 

"Saya tetap mengizinkan karena anak saya yang mau kuliah. Tidak khawatir dengan virus corona," ujar Rina. 

Baca Juga: Tak Cemas Virus Corona, Wisatawan di Lombok Nikmati Pesona Bau Nyale

2. Marina berharap Tiongkok segera kondusif, sehingga bisa melanjutkan studinya

Cerita Marina Jalani Observasi di Natuna: Asyik Bareng TNI, FriendlyMarina Febriana Chariah, mahasiswi Balikpapan yang selesai diobservasi di Natuna dijemput keluarganya bersama Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada Minggu 16 Februari 2020 di Bandara SAMS Sepinggan (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang menjemput langsung Marina dan keempat mahasiswi asal Kaltim lainnya mengaku senang menyambut kelima mahasiswa karena mereka semua dalam keadaan sehat. Kelima mahasiswi yakni satu orang dari Balikpapan, dua dari Penajam Paser Utara, satu Kutai Barat, satu Kutai Kartanegara.

Rizal mengakatan mereka dalam kondisi sehat dan sudah bisa membaur dengan keluarga dan masyarakat. Dia berharap agar kondisi Tiongkok segera kondusif, sehingga kelima mahasiswi ini bisa kembali belajar di sana.

"Ini adalah putra-putri kita terbaik yang lagi kuliah di Wuhan. Kita berdoa semoga segera pulih (keadaan) di Wuhan, sehingga mereka bisa segera melanjutkan kuliahnya," kata dia.

3. Diharapkan tidak ada stigma di masyarakat, karena pemerintah telah menjamin kondisi mereka sehat

Cerita Marina Jalani Observasi di Natuna: Asyik Bareng TNI, FriendlyWali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjemput 5 mahasiswi asal Kaltim yang selesai diobservasi di Natuna, di Bandara Sepinggan Balikpapan, 16 Februari 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Rizal berharap masyarakat tidak memberikan stigma buruk kepada kelima mahasiswa ini, karena mereka telah mendapatkan sertifikat sehat dan bebas dari virus corona.

"Sudah dijamin oleh Menteri Kesehatan. Mereka sudah menjalani masa observasi dua minggu di Natuna. Kita semua bahagia. Tidak ada yang pakai masker. Masyarakat jangan sampai punya anggapan macam-macam," kata Rizal. 

Baca Juga: [UPDATE] Jumlah Tewas Akibat Virus Corona Mencapai 1.669 Nyawa

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya