Comscore Tracker

Satu Harimau yang Lepas di Singkawang, Berhasil Dilumpuhkan Petugas

Satu harimau masih berkeliaran, warga diimbau waspada

Balikpapan, IDN Times - Setelah berhasil kabur semalam, seekor harimau yang lepas dari Sinka Zoo, Tanjung Bajau, Kota Singkawang, Kalimantan Barat berhasil ditemukan dan dilumpuhkan oleh petugas. 

Harimau bernama Elka itu ditemukan masih berkeliaran di kawasan Sinka Zoo. Aparat gabungan TNI dan Polri terpaksa melumpuhkannya dengan tembakan, pada Sabtu (6/2/2021) pukul 08.30 WIB. 

Kapores Singkawang AKBP Prasetyo Adhi Wibowo mengatakan, Elka terpaksa ditembak karena berkeliaran dan dikhawatirkan membahayakan keselamatan masyarakat.

"Terpaksa kami melumpuhkan dengan penembakan terhadap salah satu harimau, karena harimau mempunyai insting memburu dan membunuh," jelas Prasetyo di kawasan Sinka Zoo Singkawang, Sabtu.

Baca Juga: 2 Harimau Lepas dari Kandang Terkam Penjaga dan Masih Berkeliaran

1. Harimau memangsa hewan penghuni Sinka Zoo

Satu Harimau yang Lepas di Singkawang, Berhasil Dilumpuhkan PetugasPetugas melakukan pencarian harimau yang lepas dari Sinka Zoo Singkawang Kalimantan Barat, Sabtu 6 Februari 2021 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat untuk mencari dua harimau yang lepas ini. Pencarian masih akan dilakukan hingga hari Minggu besok pukul 13.30 WIB, untuk menemukan satu harimau lagi.

Tim gabungan dari Polri, TNI, dan BKSDA Kalbar masih bersiaga dengan senjata lengkap.

Operasi pencarian ini dipimpin langsung oleh Kapolres Singkawang dan Dandim 1202/Singkawang Letkol Inf Condro Edy Wibowo. Dalam pencarian, aparat gabungan juga menemukan beberapa bangkai hewan penghuni Sinka Zoo yang dimangsa oleh harimau tersebut.

2. Harimau menerkam seorang pawang hingga tewas

Satu Harimau yang Lepas di Singkawang, Berhasil Dilumpuhkan PetugasNadia, harimau betina Melayu berumur 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, yang menurut pihak kebun binatang teruji positif terinfeksi virus corona (COVID-19) muncul pada foto tanpa tanggal yang disediakan Kebun Binatang Bronx di New York. (ANTARA FOTO/WCS/Handout via REUTERS)

Tidak hanya memangsa hewan penghuni kebun binatang, harimau tersebut juga telah menerkam seorang pawang hingga tewas. Pawang itu bernama Ferry Darmawan.

Prasetyo menceritakan, awalnya pawang harimau Agus Alpian mengeluarkan dua harimau ke areal bermain. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilakukan.

"Pada hari Jumat tanggal 5 Februari 2021 saudara Agus, sesudah istirahat pukul 13.00 WIB, mengeluarkan harimau dari kandang untuk dilepas di areal bermain harimau yang merupakan rutinitas setiap hari," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu.

Kedua harimau tersebut lepas diperkirakan karena faktor alam. Hujan yang terus mengguyur membuat kandang harimau di Sinka Zoo longsor, sehingga menimbulkan lubang yang menjadi celah bagi kedua harimau untuk kabur dari kebun binatang.

3. Wisatawan dan masyarakat diimbau berhati-hati

Satu Harimau yang Lepas di Singkawang, Berhasil Dilumpuhkan PetugasKapores Singkawang, AKBP Prasetyo Adhi Wibowo dan tim pencarian harimau yang lepas dari Sinka Zoo Singkawang, Sabtu 6 Februari 2021 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Prasetyo mengimbau wisatawan dan masyarakat sekitar Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan dan kawasan Sinka Zoo untuk berhati-hati dan waspada, karena satu dari hewan buas yang lepas itu belum ditemukan. Untuk sementara waktu, wisatawan diimbau menghindari berkunjung ke destinasi wisata.

"Wisatawan yang sudah terlanjur datang di akhir pekan ini, untuk sementara waktu menjauhi dulu kawasan wisata di sepanjang pantai Pasir Panjang hingga Pantai Bajau,” ujar Prasetyo.

Baca Juga: Serang Pawang, Dua Harimau Kabur dari Sinka Zoo Singkawang

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya