Tertular Rekan Kerja, Dua Warga Banyuwangi Positif COVID-19

Penularan transmisi lokal kembali terjadi

Banyuwangi, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi  mengumumkan adanya penambahan dua pasien positif terpapar virus corona per Jumat (19/6). Dua pasien ke-24 dan 25 tersebut punya kontak erat dengan pasien 18 yang merupakan rekan kerja.

"Hari ini (Jumat) pasien terkonfirmasi COVID-19 bertambah dua orang, sehingga kini total di Banyuwangi ada 25 kasus COVID-19. Mereka berdua ini rekan kerja pasien 18 yang kerja di salah satu perusahaan pupuk," terang Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono, Jumat malam.

1. Total menjadi 25 kasus

Tertular Rekan Kerja, Dua Warga Banyuwangi Positif COVID-19Juru bicara gugus COVID-19 di Banyuwangi, Widji Lestariono. IDN Times/Istimewa

Dengan penambahan dua kasus itu, kini sudah ada 25 kasus COVID-19 di Banyuwangi. Rinciannya 5 orang sembuh, 19 orang dalam perawatan, dan 1 orang meninggal.

Widji menjelaskan bahwa pasien 24 merupakan seorang perempuan berusia 41 tahun, tinggal di Kecamatan kalipuro. Sedangkan pasien 25 adalah seorang pria berusia 45 tahun yang tinggal di Kecamatan Banyuwangi.

2. Masih tunggu hasil swab tiga orang yang kontak dengan pasien `18

Tertular Rekan Kerja, Dua Warga Banyuwangi Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Widji memaparkan, pasien ke-18 dinyatakan positif COVID-19 pada 15 Juni 2020. Setelah itu, petugas melakukan tracing. Semua yang memiliki kontak erat dengan pasien 18 dites swab. Sebelumnya sudah ada dua orang yang dinyatakan positif COVID-19 terlebih dahulu.

"Saat itu hasil tracing terdapat 17 orang yang kontak erat, langsung dilakukan pengambilan swab. Hasilnya, sepuluh orang yang dinyatakan negatif, empat orang yang dinyatakan positif. Kami masih menunggu tiga orang yang belum keluar hasilnya," jelasnya.

Baca Juga: Positif COVID-19 di Banyuwangi Tambah 7, 4 di Antaranya adalah ABK

3. Transmisi lokal di Banyuwangi terus bertambah

Tertular Rekan Kerja, Dua Warga Banyuwangi Positif COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Rochmanudin)

Saat ini, Gugus Tugas juga terus melakukan tracing untuk menginventarisir kontak erat dari pasien baru ini. Fokus mereka saat ini adalah mencegah meluasnya penularan melalui transmisi lokal.

"Tracing terus kami kembangkan. Ini menujukkan bahwa kasus transmisi lokal di Banyuwangi terus bertambah. Kami imbau masyarakat untuk jangan lengah, terus patuhi imbauan pemerintah. Masker gunakan, cuci tangan sesering mungkin, dan jauhi kerumunan," ujarnya.

Baca Juga: Seorang Balita Terpapar, Kasus COVID-19 di Banyuwangi Bertambah Tiga

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya