Comscore Tracker

Siswa MAN di Tegal Positif COVID-19 Usai Ikut Pembelajaran Tatap Muka

Siswi itu mengalami sakit batuk pilek 

Tegal, IDN Times - Seorang siswi terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 setelah mengikuti kegiatan simulasi pembelajaran tatap muka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal, Jawa Tengah.

Hal itu diketahui setelah hasil tes swab-nya keluar, Jumat 11 September 2020. Gegara kejadian ini, kegiatan simulasi pembelajaran tatap muka terpaksa dihentikan, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga: Ortu Siswa di Semarang Resah Beredar Persetujuan Belajar Tatap Muka

1. Siswi tersebut mengalami sakit batuk pilek dan periksa ke Puskesmas

Siswa MAN di Tegal Positif COVID-19 Usai Ikut Pembelajaran Tatap MukaIlustrasi Puskesmas. IDN Times/Ervan Masbanjar

Kepala Tata Usaha (TU) MAN Kota Tegal Siti Umihani membenarkan kabar tersebut, saat ditemui sejumlah awak media, Sabtu. Siswi tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani tes swab di Puskesmas Pembantu Bandung, Kecamatan Tegal Selatan.

Umi menyebutkan, siswi berinisial N itu memeriksakan diri ke Puskesmas lantaran mengeluh sakit batuk dan pilek. Oleh Puskesmas, N menjalani tes swab sesuai prosedur penanganan pasien di masa pandemik virus corona.

"Karena gejala N mengarah ke COVID-19, kemudian dia di-swab pada Rabu 2 September 2020. Hasilnya keluar Jumat (11/9/2020) kemarin dari Puskesmas melaporkan ke Dinas Kesehatan (Kota Tegal)," katanya.

Baca Juga: Tak Signifikan Bantuan untuk Seniman Semarang saat Pandemik Menerjang

2. Pembelajaran tatap muka diliburkan kembali

Siswa MAN di Tegal Positif COVID-19 Usai Ikut Pembelajaran Tatap MukaIDN Times/ Muchammad

Setelah memastikan informasi dengan melakukan konfirmasi ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, pihak MAN kemudian meliburkan simulasi Pembelajaran Tatap Muka yang dilakukan sejak 3 September 2020. Seluruh siswa kembali menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ), mulai Sabtu (12/9/2020) siang.

Umi menambahkan, kegiatan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kurikulum hanya diikuti 50 persen siswa MAN. Sehingga, untuk setiap kelas hanya diisi sekitar 15 siswa dengan beberapa tenaga pengajar.

"Kebetulan yang bersangkutan sempat berangkat untuk mengikuti PTM beberapa kali. Karena kita menerapkan sistem ganjil genap," tukasnya.

3. Tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota

Siswa MAN di Tegal Positif COVID-19 Usai Ikut Pembelajaran Tatap MukaBus dari luar kota terjaring pemeriksaan di Tol Kalikangkung Semarang. Dok. Dishub Kota Semarang

Lebih lanjut Umi menjelaskan, saat ini Dinkes telah melakukan tracing kepada siswa teman sekelas N dan lima guru yang mengajar Kelas XI IPS. Pihaknya berharap, seluruh siswa dan guru diperiksa rapid test maupun swab.

Ihwal riwayat perjalanan, diketahui N tidak melakukan perjalanan pergi ke luar kota. Hanya saja, orang tua N merupakan seorang pedagang di Pasar Bandung, Kecamatan Tegal Selatan.

"Dia dan keluarganya langsung melakukan isolasi mandiri," singkatnya.

4. Dinkes Kota Tegal akan melakukan tracing

Siswa MAN di Tegal Positif COVID-19 Usai Ikut Pembelajaran Tatap MukaIDN Times/ Muchammad

Secara terpisah, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Tegal, Siti Halamah mengemukakan, tracing terhadap rekan satu kelas N dan guru MAN bakal dilakukan Senin, 14 September 2020.

Sementara, untuk hasil tracing pemeriksaan terhadap keluarga N, sampai saat ini masih belum bisa diketahui.

"Keluarga sudah diperiksa, tetapi hasilnya belum keluar. Kalau teman-teman dan guru kita tracing besok Senin," tandasnya.

Baca Juga: Klaster Warung Makan Manyung Bu Fat Semarang 20 Orang Positif COVID-19

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya