Festival Ramadan, Tempat Asyik Buat Ngabuburit di Tangerang

Ada bazaar baju muslim dan wisata sejarah Islam

Kota Tangerang, IDN Times - Salah satu destinasi menarik yang hadir setiap bulan Ramadan di Kota Tangerang adalah Festival Ramadan yang berlokasi di pelataran Masjid Al Azhom. Festival ini diselenggarakan di Masjid Al Azhom yang berada di kawasan pusat pemerintahan Kota Tangerang, Banten.

Festival ini juga jadi salah satu tempat populer menunggu waktu berbuka atau biasa disebut ngabuburit oleh masyarakat Tangerang. Nah, berikut ini hal-hal menarik yang ada di Festival Ramadan Kota Tangerang.

1. Bazaar baju muslim diskon hingga 70 persen

Festival Ramadan, Tempat Asyik Buat Ngabuburit di TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Berbelanja baju baru untuk dipakai di hari raya menjadi kegiatan asyik menunggu berbuka puasa di Festival Ramadan. Sebab, adanya pasar dadakan yang bertabur diskon menjadikan festival ini dipadati pengunjung setiap sore, yang khusus datang untuk berbelanja.

Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan dalam festival ini bisa sampai 70 persen untuk satu setel pakaian muslim.

Dengan kualitas yang bagus, satu setel pakaian muslim yang dijajakan tersebut berkisar dari Rp150.000 sampai Rp350.000 untuk pakaian wanita, dan Rp70.000 sampai Rp250.000 untuk pria. Harga tersebut belum dipotong diskon.

2. Takjil gratis di Masjid Al Azhom

Festival Ramadan, Tempat Asyik Buat Ngabuburit di TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Selain adanya para pedagang takjil yang hadir menjelang waktu berbuka, Masjid Al Azhom sendiri setiap hari selama Ramadan menyiapkan takjil gratis untuk para pengunjung.

Selain itu, selama menunggu waktu berbuka tiba, pengunjung bisa mendengarkan kultum (kuliah tujuh menit) dan mengaji di dalam masjid.

Para pengunjung juga tak perlu khawatir jika ingin membawa anak-anak, Masjid Al Azhom saat ini sudah dilengkapi dengan taman bermain yang bisa digunakan anak-anak sambil menunggu waktu berbuka puasa.

3. Galeri Islam suguhkan sejarah peradaban dan Alquran braile

Festival Ramadan, Tempat Asyik Buat Ngabuburit di TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Mulai Ramadan tahun ini, Masjid Al Azhom secara resmi membuka Galeri Islam yang menyajikan mengenai sejarah panjang masuknya Islam ke Tangerang dari setiap generasi. Kemudian, ada juga mengenai sumber pengetahuan Islam lainnya seperti buku-buku islami dan keterangan lainnya terkait sejarah Islam.

Tak ayal, galeri ini pun menjadi tujuan utama para pengunjung yang mendatangi Festival Ramadan. Sambil menunggu waktu berbuka, para pengunjung dapat menambah wawasan tentang dunia Islam.

Tak hanya itu saja, di Galeri Islami juga tersedia Alquran Braile bagi penyandang disabilitas yang ingin tadarus.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya