Buntut Seteru Yasonna-Arief, Kemenkumham Laporkan Wali Kota Tangerang

Arief sebelumnya meminta 40 persen lahan Kemenkumham

Kota Tangerang, IDN Times - Perseteruan antara Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoli dengan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah rupanya masih berlanjut. Kabar terkini diketahui bahwa Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), melaporkan Arief ke Polres Tangerang pada Selasa (16/7).

Informasi yang diterima IDN Times, Arief dilaporkan atas tuduhan pemanfaatan lahan Kemenhumkan oleh Pemerintah Kota Tangerang, yang disebut-sebut tak sesuai peruntukan.

1. Kemenkumham sebut Wali Kota Tangerang melakukan pelanggaran hukum

Buntut Seteru Yasonna-Arief, Kemenkumham Laporkan Wali Kota TangerangDok. Istimewa

Kepala Biro Humas Kemenkumham Bambang Wiyono mengatakan, laporan yang ia layangkan hari ini merupakan salah satu upaya penegakan hukum atas pelanggaran yang dilakukan Wali Kota Tangerang.

"Intinya bahwa kami dari Kementerian Hukum dan HAM memang mengadukan pihak wali kota, karena telah melakukan pelanggaran hukum," kata Bambang di Polres Metro Tangerang, kemarin. 

Baca Juga: Wali Kota Tangerang Minta Warga Legowo Tanggapi Pernyataan Menkumham

2. Banyak penguasaan lahan Kemenkumham oleh Pemkot Tangerang tapi tak sesuai peruntukan

Buntut Seteru Yasonna-Arief, Kemenkumham Laporkan Wali Kota TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Bambang menjelaskan, salah satu materi yang diajukan dalam laporan tersebut adalah, dugaan pelanggaran penguasaan lahan-lahan yang tidak sesuai dengan peruntukannya. 

"Banyak penguasaan lahan-lahan yang tidak sesuai peruntukannya. Secara lengkap, nanti Pak Kapolres yang bisa memberikan penjelasannya," kata dia.

3. Kemenkumham akan kawal laporannya ke Polres Tangsel

Buntut Seteru Yasonna-Arief, Kemenkumham Laporkan Wali Kota TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Dalam pelaporan itu, kata Bambang, Kemenkumham sudah menjalani proses berita acara pemeriksaan (BAP). Pihaknya mengadukan perkara ini demi kepentingan bangsa dan negara.

"Nanti tim layanan advokasi hukum akan selalu komunikasi dengan Polres untuk menyelesaikan masalah ini. Sekali lagi mudah-mudahan ini segera selesai dan segera tuntas," tutur dia.

4. Kapolres Tangerang membenarkan pelaporan perkara ini

Buntut Seteru Yasonna-Arief, Kemenkumham Laporkan Wali Kota TangerangTim kemenkumham usai laporkan wali kota Arief ke Polres Tangerang (Dok. Istimewa)

Sementara, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Abdul Karim menyatakan akan memproses laporan tersebut.

"Kami kepolisian, siapa pun yang melaporkan suatu adanya dugaan, ya kita tetap tangani. Tapi bentuk laporan dan isinya apa masih belum kita pelajari, kita lihat dulu, takutnya saya salah menilai," kata Abdul.

Dia menuturkan pihaknya sudah menerima laporan dari Kemenkumham secara resmi. Namun, ia belum dapat menjelaskan secara rinci ihwal pelaporan itu.

"Ya, artinya dengan persoalan yang ada saat ini, media kan sudah ngikutin," kata Abdul.

5. Gara-gara rebutan lahan Yasonna dan Arief berseteru

Buntut Seteru Yasonna-Arief, Kemenkumham Laporkan Wali Kota TangerangDok. Istimewa

Seperti diketahui, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly tengah berseteru dengan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah terkait lahan-lahan Kemenkumham yang berada di Kota Tangerang.

Yasonna saat meresmikan gedung Kampus Poltekip dan Poltekim di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (9/7), dalam sambutannya sempat menyindir Arief karena menganggap Pemkot Tangerang tidak bersahabat dalam soal perizinan bangunan.

Sementara, Arief dalam pembelaannya terkait penyataan Yasonna, langsung melayangkan nota keberatan dan klarifikasi kepada Menkumham. Arief juga kini memboikot layanan publik seperti angkutan sampah, perbaikan drainase, perbaikan dan penerangan jalan di kantor-kantor Kemenkumham.

Baca Juga: Wali Kota Tangerang Minta Kemenkumham Serahkan 40 Hektar Lahannya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You