Comscore Tracker

Tugu Pamulang Viral, Dinas PUPR Banten Klaim Belum Selesai

Kadis PUPR Banten menceritakan kronologi tugu Pamulang

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten tidak tahu Tugu Pamulang menjadi perbincangan warganet baru-baru ini.

Tugu yang berdiri di Jalan Siliwangi, Tangerang Selatan, itu menghabiskan dana Rp300 juta tapi hanya rangka besi dan kubah di atasnya.

"Saya menjabat (kepala dinas) ini 2019 akhir. Saya baru tahu ini, saya juga kaget kemarin bahwa ada kayak begitu," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten M Tranggono kepada IDN Times, Rabu, 14 April 2021.

Baca Juga: Viral Pembubaran Acara Kuda Lumping di Medan, Anggota FUI Tersangka

1. Tugu Pamulang diklaim mandek karena pandemik

Tugu Pamulang Viral, Dinas PUPR Banten Klaim Belum SelesaiTugu Pamulang. Mahasiswa Unpam (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Tranggono menjelaskan tugu Pamulang yang berdiri saat ini sudah sesuai Detail Enginering Design (DED) yang disiapkan sejak 2017 dan kemudian dibangun pada 2018.

Setelah pembangunan selesai pada 2018, kata Tranggono, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meminta tugu tersebut disempurnakan.

Lalu, kata Tranggono, muncullah desain kedua yang kemudian viral ini. Tapi gara-gara pandemik, kata dia, tugu itu belum diselesaikan pada 2019.

"Tugu ini memang belum sempat dilanjutkan, tapi ya namanya birokrasi pak kita kelupaan untuk menyampaikan ke masyarakat bahwa itu belum selesai," kata dia.

2. Pemprov Banten sudah anggarkan uang untuk penyelesaian Tugu Pamulang

Tugu Pamulang Viral, Dinas PUPR Banten Klaim Belum SelesaiIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Menanggapi permintaan Pemkot Tangsel, pada 2019 Pemprov Banten kemudian menganggarkan untuk penyempurnaan Tugu Pamulang. Namun penyempurnaan tugu urung dilaksanakan.

Karena belum ada kepastian mengenai pembangunan tugu ini antara Pemkot Tangsel dengan Pemprov Banten, dana tersebut pun dikembalikan. "Nah kemarin anggarannya kena refocusing di 2020.  Nah belum dituntasin rencananya," kata Tranggono.

3. Tranggono bantah gambar yang viral desain awal Tugu Pamulang

Tugu Pamulang Viral, Dinas PUPR Banten Klaim Belum SelesaiTugu Pamulang (Dok. IDN Times/Argi)

Tranggonono membantah desain Tugu Pamulang yang viral tersebut merupakan pekerjaan yang seharusnya diselesaikan pada 2018.

"Jadi tidak benar, kalau misalkan rencananya seperti gambar yang viral, tapi pelaksanaannya seperti kondisi saat ini," kata dia.

Baca Juga: Viral Pria Keramas di Tempat Cuci Tangan Umum, Ini Reaksi Wagub DKI

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya