Gugus Tugas Sumsel Konfirmasi Ada Dua Wartawan Terpapar COVID-19

Kasus COVID-19 menunjukkan kurva yang melandai

Palembang, IDN Times - Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri mengkonfirmasi ada pasien positif baru yang terjangkit COVID-19 dan berprofesi sebagai wartawan lokal di Sumsel. Hanya saja, pihaknya belum mengetahui secara detail data mengenai pasien tersebut terpapar dari mana. 

"Benar kita tadi mendapat info ada pasien positif awak media tapi kami belum mendapat informasi lebih jauh mengenai status sebarannya. Yang jelas saat ini kasus positif di Sumsel tersebar melalui transmisi lokal," ujar Yusri, Jumat (5/6).

Baca Juga: 1.500 Warga Palembang Ikuti Salat Berjamaah Perdana Masjid Agung

1. Sudah ada dua orang awak media terkonfirmasi Positif di Palembang

Gugus Tugas Sumsel Konfirmasi Ada Dua Wartawan Terpapar COVID-19Instagram.com/jurnal_prasetya

Sejauh ini, kasus positif awak media diSumsel ada dua orang. Salah satunya  merupakan perempuan berinisial ER yang terkonfirmasi pada 26 Mei lalu. Saat ini, dia dirawat di wisma Atlet Palembang.

Sedangkan untuk kasus terbaru adalah seorang laki-laki berinisial AL yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Swasta di Kota Palembang. Hasil swabnya terkonfirmasi positif hari ini.

Saat IDN Times mencoba mengonfirmasi, AL membenarkan informasi tersebut. Dia juga berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan untuk kesembuhannya.

2. Positif terus bertambah, kurva melandai

Gugus Tugas Sumsel Konfirmasi Ada Dua Wartawan Terpapar COVID-19Jubir gugus tugas percepatan penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan untuk penambahan kasus konfirmasi baru hari ini di Sumsel bertambah lagi 18 orang sehingga total pasien positif ada 1.074 orang, di mana  282 orang telah berhasil survive dan sembuh.

Penambahan kasus positif baru berapa hari terakhir, menurut Yusri, sudah mulai menunjukkan kurva yang melandai dibandingkan dengan kasus konfirmasi positif satu pekan sebelumnya.

"Meskipun tetap ada penambahan kasus positif, sejauh ini ada kecenderungan kasus yang menurun di Sumsel," jelas dia.

3. Sampel pasien OTG di Sumsel terbanyak

Gugus Tugas Sumsel Konfirmasi Ada Dua Wartawan Terpapar COVID-19Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti swab test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Lalu untuk perkembangan sampel yang hari ini masih diperiksa oleh BBLK Palembang ada sekitar, 4.704 orang. Di mana, ada peningkatan sampel yang masuk terdiri dari, sampel OTG 3.799 PDP 705 dan ODP 200 orang.

Kasus ODP hari ini terus meningkat, yakni sebanyak 6.693 orang dengan selesai pemantauan 4.301 dan masih dalam pemantauan 2.392. Kasus PDP, ada 641 orang. Untuk kasus selesai pengawasan 262 orang dan masih dalam pengawasan, 379 orang.

"Kasus positif yang meninggal hari ini ada 4 orang. Satu dari Palembang dan tiga dari Banyuasin," kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan COVID-19 di Sumsel yang Kian Meresahkan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya