Comscore Tracker

PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di Tangan

Candaan tampang Boyolali bawa berkah

Boyolali, IDN Times - Kursi DPRD Boyolali dalam lima tahun ke depan bakal dikuasai PDIP. Dari hitung cepat internal, partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih itu meraih 80 persen kursi. Hal ini berarti, dari 45 kursi di DPRD Boyolali, 36 akan dikuasai oleh caleg PDIP.

Baca Juga: Kemendagri: Penghitungan Suara Pileg 2019 Pakai Sainte Lague

1. Sinergi yang baik antara kerja mesin partai dan antusiasme masyarakat

PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di TanganKPU Jateng

Wakil Ketua DPC PDIP Boyolali, Seno Samudro, menyebut perolehan kursi PDIP di DPRD Boyolali ini akan menjadi rekor nasional. Rekor lainnya, kata Seno, adalah  banyaknya TPS di Boyolali yang meraih kemenangan mutlak 100 persen untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Mesin partai bekerja sangat baik, antusiasme masyarakat untuk memberikan suara ke PDIP juga tinggi. Jadi seperti inilah hasilnya. Efek pidato Pak Prabowo soal tampang Boyolali itu mungkin ada, tapi tidak signifikan. Anggap saja itu candaan yang membawa berkah,” ujar Seno, Sabtu (20/4).

2. Peningkatan suara signifikan

PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di TanganIDN Times/Ganug Nugroho

Seno yang juga menjabat sebagai Bupati Boyolali itu, mengungkapkan PDIP mengalami peningkatan suara signifikan pada Pemilu 2019 ini.

Pada Pemilu 2014, PDIP berhasil memperoleh suara sebanyak 335 ribu, sementara berdasarkan hitung cepat di Panti Marhen, tahun ini dicapai angka 450 ribu.

“Ini masih perolehan sementara karena total suara yang masuk belum 100 persen,” ujar dia.

3. Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 86 persen

PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di TanganIDN Times/Ganug Nugroho

Tidak hanya perolehan suara partai, perolehan suara untuk pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin di Boyolali juga paling tinggi dibanding kabupaten atau kota lainnya.

Dari data Tim Kampanye Daerah (TKD), Jokowi-Ma'ruf Amin meraih suara sebesar 86 persen. Perolehan itu melampaui target yang hanya 80 persen.

“Saat ini, kami masih fokus menyelesaikan penghitungan suara. Syukurannya nanti, biar selesai dulu. Pasti ada syukuran bersama kaderlah,” kata Ketua TKD Boyolali, S Paryanto.

PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di TanganIDN Times/Ganug Nugroho

4. Jokowi-Ma’ruf menang 100 persen di 61 TPS

Paryanto mengatakan, sejumlah 61 TPS yang tersebar di 8 kecamatan di Boyolali, mencatat perolehan suara 100 persen untuk keunggulan Jokowi-Ma’ruf. Menurut dia, kemenangan itu berhasil dicapai berkat semangat grass root dari pendukung Jokowi. Selain, daerah-daerah tersebut memang menjadi langganan untuk kemenangan 100 persen bagi Jokowi selama ini.

“Pemilu 2014 lalu, TPS yang dapat suara 100 persen memang tidak sebanyak sekarang. Alhamdulillah, pemilu tahun ini ada peningkatan,” ujar Paryanto yang juga Ketua DPC PDIP Boyolali.

5. Perolehan kursi DPRD Boyolali efek ekor jas Jokowi-Ma’ruf

PDIP Klaim 80 persen Kursi DPRD Boyolali Sudah di TanganAntara Foto

Sementara itu, Agus Rikwanto seorang pengamat politik dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berpendapat bahwa meningkatnya perolehan suara dan kursi PDIP di DPRD Boyolali merupakan efek ekor jas atau pengaruh figur pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Pasti ada pengaruh dari tokoh, dalam hal ini Jokowi. Tapi di luar itu, mesin partai pasti sudah bekerja keras. Ini bukan tiba-tiba, sudah didesain, direncanakan, dan kemudian dieksekusi dengan baik,” ujar Agus.

 

Baca Juga: PDIP Tantang Kubu Prabowo dan BPN Adu Data Soal Hasil Real Count

Topic:

  • Elfida

Just For You