PDIP Klaim Raih 80 persen Kursi DPRD Boyolali 

Candaan Tampang Boyolali yang membawa berkah

Boyolali, IDN Times -Kursi DPRD Boyolali dalam lima tahun ke depan bakal dikuasai PDIP. Dari hitung cepat internal, partai berlambang banteng moncong putih itu meraih 80% kursi. Dengan kata lain, dari 45 kursi di DPRD Boyolali, caleg PDIP akan menguasai 36 kursi.

1. Kerja mesin partai dan antusias masyarakat yang tinggi

PDIP Klaim Raih 80 persen Kursi DPRD Boyolali KPU Jateng

Wakil Ketua DPC PDIP Boyolali, Seno Samudro, menyebut perolehan kursi PDIP di DPRD Boyolali ini akan menjadi rekor nasional. Rekor lainnya, kata Seno, adalah  banyaknya TPS di Boyolali yang meraih kemenangan mutlak 100 % untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Mesin partai bekerja sangat baik, antusias masyarakat untuk memberikan suara ke PDIP juga tinggi. Jadi seperti inilah hasilnya. Efek pidato Pak Prabowo soal  Tampang Boyolali itu mungkin ada, tapi tidak signifikan. Anggap saja itu candaan yang membawa berkah,” ujar Seno, Sabtu (20/4).

2. Peningkatan suara yang sangat tajam

PDIP Klaim Raih 80 persen Kursi DPRD Boyolali IDN Times/Ganug Nugroho

Seno yang juga Bupati Boyolali itu mengungkapkan PDIP mengalami peningkatan suara sangat tajam pada Pemilu 2019 ini. Pada Pemilu 2014, perolehan suara PDIP sebesar 335 ribu, sementara berdasarkan hitung cepat di Panti Marhen perolehan Pemilu tahun ini sekitar 450 ribu.

“Ini masih perolehan sementara karena total suara yang masuk belum 100 %,” ujar Seno.

3.Di Boyolali Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 86 persen

PDIP Klaim Raih 80 persen Kursi DPRD Boyolali IDN Times/Ganug Nugroho

Tidak hanya perolehan suara partai, perolehan suara untuk pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin di Boyolali juga paling tinggi dibanding kabupaten atau kota lainnya. Dari data Tim Kampanye Daerah (TKD), Jokowi-Ma'ruf Amin meraih suara 86%. Perolehan itu melampaui target yang hanya 80 persen.

“Saat ini kami masih fokus menyelesaikan penghitungan suara. Syukurannya nanti, biar selesai dulu. Pasti ada syukuran bersama kaderlah,” kata Ketua TKD Boyolali, S Paryanto.

PDIP Klaim Raih 80 persen Kursi DPRD Boyolali IDN Times/Ganug Nugroho

4. Jokowi-Ma’ruf menang 100 persen di 61 TPS

Paryanto mengatakan di Boyolali ada 61 TPS yang tersebar di 8 kecamatan dengan perolehan suara 100 persen untuk  keunggulan Jokowi-Ma’ruf. Menurut dia, kemenangan itu karena semangat semangat grass root dari pendukung Jokowi. Sebab, daerah-daerah yang memperoleh suara 100 persen itu memang selama ini langganan menang 100 persen.

“Pemilu 2014 lalu TPS yang dapat suara 100 persen memang tidak sebanyak sekarang. Alhamdulillah pemilu tahun ini ada peningkatan,” ujar Paryanto yang juga Ketua DPC PDIP Boyolali.

5. Perolehan kursi DPRD Boyolali efek ekor jas Jokowi-Ma’ruf

PDIP Klaim Raih 80 persen Kursi DPRD Boyolali Antara Foto

Sementara itu, menurut pengamat politik dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Rikwanto, meningkatnya perolehan suara dan kursi PDIP di DPRD Boyolali merupakan efek ekor jas atau pengaruh figur pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Pasti ada pengaruh dari tokoh, dalam hal ini Jokowi. Tapi di luar itu mesin partai pasti sudah bekerja keras. Ini bukan tiba-tiba, sudah didesain, direncanakan, dan kemudian dieksekusi dengan baik,” ujar Agus.

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya