Comscore Tracker

Ganjar Gratiskan Biaya Sekolah, SMA 1 Kudus Kembalikan SPP Rp200 Juta 

Mulai Januari 2020 Gubernur Jateng gratiskan biaya sekolah

Kudus, IDN Times - Kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggratiskan biaya sekolah mulai Januari 2020, membuat sekolah harus mengembalikan SPP siswa. 

Di Kudus, SMA Negeri 1 Kudus mengembalikan uang SPP siswa ke ratusan wali murid pada Kamis (20/2). Pengembalian SPP ini sebagai tindak lanjut dari kebijakan Gubernur tersebut.

Baca Juga: SPP Gratis, Uang 486 Siswa SMA di Pati Dikembalikan Sekolah

1. SPP dikembalikan setelah dimulainya kebijakan sekolah gratis dari Pemerintah Jawa Tengah

Ganjar Gratiskan Biaya Sekolah, SMA 1 Kudus Kembalikan SPP Rp200 Juta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan sidak ke Asrama Donohudan Boyolali lokasi tes CPNS Pemprov Jateng. Humas Jateng/Slam

Kepala SMA Negeri 1 Kudus Shodiqun mengungkapkan, pengembalian SPP ini merupakan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kebijakan ini terkait dengan program sekolah gratis yang berlaku mulai Januari 2020.

“Setelah adanya kepastian cut off Desember 2019 kemarin itu, kemudian pada hari ini kita tindaklanjuti dengan membagikan pengembalian SPP," kata dia.

2. Jumlah SPP yang dikembalikan mencapai Rp200 juta lebih

Ganjar Gratiskan Biaya Sekolah, SMA 1 Kudus Kembalikan SPP Rp200 Juta Pengembalian uang SPP SMAN 2 Pati. Dok. SMAN 2 Pati

Menurut Shodiqun, SPP yang dikembalikan totalnya berjumlah Rp200 juta lebih, dengan jumlah siswa sebanyak 450 orang.

"Itu mulai dari kelas X, kelas XI, dan kelas XII,” jelas Shodiqun.

Shodiqun melanjutkan, banyak di antara siswa sudah terlanjur membayar SPP hingga Juni 2020. Ada juga yang sudah membayar per Januari. Karena itu, SPP tersebut dikembalikan kepada wali murid.

3. Wali murid antusias menyambut kebijakan sekolah gratis

Ganjar Gratiskan Biaya Sekolah, SMA 1 Kudus Kembalikan SPP Rp200 Juta IDN Times/Aji

Sementara itu, di aula SMA Negeri 1 Kudus tampak ratusan wali murid mengantre untuk mendapatkan kembali uang SPP yang telah dibayarkan anak-anak mereka. Umumnya, wali murid mengaku senang dengan kebijakan ini. Sebab, sangat membantu keluarga yang memiliki anak sekolah.

Salah satu wali murid bernama Rinaldi, mengaku menyambut baik kebijakan sekolah gratis ini. Dengan kebijakan ini, kata dia, dapat membantu keluarga.

Baca Juga: Kabar Gembira! Mulai 2020 Sekolah Gratis Untuk Siswa SMA/SMK di Jateng

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya