1 Pasien Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono Purwokerto, Gejala Corona!

Beredar hoaks identitas warga yang jalani karantina

Purbalingga, IDN Times – RSUD Goeteng Tanoedibrata Purbalingga merujuk satu pasien dengan gejala serupa covid-19 ke RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto, Minggu (15/3) petang. Pasien ini datang dengan inisiatif sendiri ke RSUD Goeteng pada Minggu pagi. Total ada lima pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Margono.

Baca Juga: Rumah Pasien Pengawasan COVID-19 yang Meninggal Disemprot Disinfektan

1. Pasien merupakan perempuan yang baru saja pulang dari Depok

1 Pasien Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono Purwokerto, Gejala Corona!(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Hal ini dibenarkan Direktur RSUD Goeteng, dr Nonot Mulyono. Ia mengatakan, pasien ini merupakan perempuan asal Depok, Jawa Barat.

“Benar, tapi sudah kami rujuk ke Margono,” kata Nonot.

Ia menambahkan, perempuan 57 tahun ini datang dalam kondisi suhu tubuh di atas 38 derajat celcius dan sesak nafas. Pasien ini sempat dirawat di ruang isolasi RSUD Goeteng sebelum akhirnya dibawa ke Margono. Perempuan tersebut baru saja datang dari Depok dan tanggal 13 Maret 2020 menunjukkan gejala batuk, demam dan sesak nafas. Ia sebelumnya punya riwayat penyakit asma. 

“Statusnya masih suspek, terduga. Merujuk ke Margono merupakan langkah antisipasi,” kata dia.

2. Bukan bagian dari enam warga yang dikarantina rumah

1 Pasien Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono Purwokerto, Gejala Corona!healthline.com

Sebab beredar kabar yang mengungkap identitas enam warga yang menjalani karantina rumah setelah liburan ke luar negeri. Kabar itu menyebut enam orang itu merupakan pemilik sejumah toko di Purbalingga.

David Susanto, pemilik toko Ragil Wangi, membantah kabar palsu yang menyatakan ia adalah warga yang menjalani karantina rumah. Meskipun informasi palsu itu tidak memengaruhi omset tokonya, namun ia merasa dirugikan secara moril.

“Beredar informasi katanya saya baru pulang dari Italia dan positif virus corona. Saya tegaskan informasi itu tidak benar,” kata dia.

3. Bupati Purbalingga gelar rapat koordinasi lintas sektor

1 Pasien Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono Purwokerto, Gejala Corona!Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memimpin rapat koordinasi lintassektor penanggulangan covid-19 di ruang rapat Bupati, Minggu sore (15/3). Humas Pemkab Purbalingga

Sementara Bupati Purbalingga dan jajaran kepala dinas terkait menggelar rapat koordinasi lintas sektor. Rapat menghasilkan sejumlah rekomedasi.

"Disdikbud agar segera menerbitkan surat, dalam dua minggu ke depan TK-SMA untuk diliburkan," demikian satu di antara hasilnya.

Hasil lain menyebutkan RSUD agar menyiapkan sebagai rumah sakit lini kedua dengan menyiapkan ruang isolasi dan alat pelindung diri (APD). Seluruh pabrik juga diimbau mengecek suhu tubuh pekerja dan menyiapkan handsanitizer per 16 Maret 2020.

Baca Juga: Baru Dirawat 12,5 Jam, Pasien Virus Corona di Banyumas Meninggal Dunia

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya