Comscore Tracker

Satu Pasien Suspect Virus Corona Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono

Pasien datang dengan suhu 38 derajat celsius dan sesak nafas

Purbalingga, IDN Times – Seorang perempuan asal Depok, Jawa Barat, dirujuk ke RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto, karena mengalami gejala mirip orang yang terinfeksi virus corona pada Minggu (15/3) petang. 

“Benar, tapi sudah kami rujuk ke Margono,” kata Direktur RSUD Goeteng Tanoedibrata Purbalingga, dr Nonot Mulyono. Ia menjelaskan saat datang ke RSUD Goeteng, perempuan berusia 57 tahun tersebut mengalami demam hingga 38 derajat celsius dan sesak nafas. 

Baca Juga: Rumah Pasien Pengawasan COVID-19 yang Meninggal Disemprot Disinfektan

1. Pasien datang dengan inisiatif sendiri ke RSUD Goeteng

Satu Pasien Suspect Virus Corona Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Pasien perempuan asal Depok tersebut diketahui mendatangi RSUD Goeteng pada Minggu pagi atas inisiatif sendiri. Saat itu suhu tubuhnya di mencapai 38 derajat celcius dengan sesak nafas. Ia sempat dirawat di ruang isolasi sebelum dirujuk ke RSUD Margono Soekarjo pada Minggu petang.

“Statusnya masih suspect, terduga. Merujuk ke Margono merupakan langkah antisipasi,” kata dr Nonot Mulyono. Sampai saat ini ada lima pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Margono.

2. Bupati Purbalingga menggelar rapat koordinasi lintas sektor

Satu Pasien Suspect Virus Corona Asal Depok Dirujuk ke RSUD MargonoBupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memimpin rapat koordinasi lintassektor penanggulangan covid-19 di ruang rapat Bupati, Minggu sore (15/3). Humas Pemkab Purbalingga

Sementara Bupati Purbalingga dan jajaran kepala dinas terkait menggelar rapat koordinasi lintas sektor. Rapat menghasilkan sejumlah rekomedasi.

"Disdikbud agar segera menerbitkan surat, dalam dua minggu ke depan TK-SMA untuk diliburkan," demikian satu di antara hasilnya.

Hasil lain menyebutkan RSUD agar menyiapkan sebagai rumah sakit lini kedua dengan menyiapkan ruang isolasi dan alat pelindung diri (APD). Seluruh pabrik juga diimbau mengecek suhu tubuh pekerja dan menyiapkan hand sanitizer per 16 Maret 2020.

3. Ada 117 orang positif terinfeksi virus corona

Satu Pasien Suspect Virus Corona Asal Depok Dirujuk ke RSUD MargonoIlustrasi (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Saat ini jumlah pasien positif virus corona di Indonesia mencapai 117 orang. Hal ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, pada Minggu (15/3).

“Kita mendapatkan 21 kasus baru, dimana 19 di Jakarta dan 2 di Jawa Tengah. Di Jakarta ini sebenarnya adalah pengembangan dari kasus yang sebelumnya,” kata Yuri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (15/3).

Baca Juga: Baru Dirawat 12,5 Jam, Pasien Virus Corona di Banyumas Meninggal Dunia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya