Gus Dur Dijadikan Nama Jalan di Banyumas

Ada juga Jl KH Hasyim Asari dan Jl KH Ahmad Dahlan

Banyumas, IDN Times - Empat tokoh agama dijadikan nama jalan di Kabupaten Banyumas. Satu di antara empat tokoh itu adalah Abdurahman Wahid atau Gus Dur, mantan Presiden RI sekaligus tokoh kharismatik di kalangan NU.

 

Baca Juga: Operasi Semut Merah dan Terbongkarnya Rencana Pemakzulan Gus Dur

1. Penamaan jalan berpangkal dari tugu Larangan Desa Kembaran

Gus Dur Dijadikan Nama Jalan di BanyumasIstimewa

Tiga tokoh ini di antaranya KH Hasyim As'ari, KH Ahmad Dahlan, dan Kyai Kembar. KH Hasyim Ashari dijadikan nama jalan dari Tugu Larangan ke selatan sampai dengan Desa Pliken. Dari tugu ke barat sampai Perempatan Dukuhwaluh yang melewati Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto diberikan nama Jl. KH Ahmad Dahlan.

Dari tugu ke utara sampai batas Desa Karangcegak diberi nama Jl. KH Abdurahman Wahid. Sementara dari tugu ke timur sampai Desa Sambeng Kulon diberi nama Kyai Kembar.

2. Penentuan nama jalan melalui musyawarah lintas tokoh

Gus Dur Dijadikan Nama Jalan di BanyumasIstimewa

Camat Kembaran Omar Udaya mengatakan, penamaan ini untuk memenuhi kebutuhan kepastian nama beberapa ruas jalan utama. Penentuan nama jalan, kata dia, melalui musyawarah dengan berbagai elemen masyarakat.

"Nama jalan kami usulkan berdasarkan hasil diskusi publik yang melibatkan Kepala Desa, utusan BPD, utusan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dari tujuh desa yang terlintasi jalan utama," katanya.

3. Kiyai Kembar tokoh lokal pengikut Pangeran Diponegoro

Gus Dur Dijadikan Nama Jalan di BanyumasWikimedia Commons/Geheugen van Nederland

Usulan nama jalan diambil dari tiga tokoh nasional dan satu tokoh lokal tersebut mendapat persetujuan Bupati Banyumas dan dikukuhkan dengan surat keputusan bupati. Sementara tokoh lokal diambil atas dasar jasa-jasanya untuk masyarkat setempat.

"Kyai Kembar adalah tokoh lokal, beliau adalah Kyai Mertolokesumo dan Kyai Mertolojati. Menurut masyarakat Kembaran beliau pengikut Pangeran Diponegoro yang menyebarkan Agama Islam di Kecamatan Kembaran," kata dia.

4. Peresmian nama Jalan KH Ahmad Dalan dihadiri Ketua PP Muhammadiyah

Gus Dur Dijadikan Nama Jalan di BanyumasIDN Times/Pito Agustin Rudiana

Khusus peresmian nama Jalan KH Ahmad Dalan yang melewati Kampus Universtas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), juga dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haeder Nashir dan Rektor UMP Dr Anjar Nugroho.

Baca Juga: Khofifah Usulkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya