Comscore Tracker

Ada Jalan Gus Dur di Banyumas

Ada juga Jl KH Hasyim Asari dan Jl KH Ahmad Dahlan

Banyumas, IDN Times - Setelah melalui serangkaian musyawarah, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akhirnya menetapkan empat tokoh nasional sebagai nama jalan. Salah satu tokoh yang namanya diabadikan adalah KH Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

Sebagai tokoh NU yang kharismatik, Gus Dur yang merupakan Presiden RI ke-4 dinilai memiliki jasa tinggi, sehingga namanya layak diabadikan sebagai nama jalan.

Baca Juga: Operasi Semut Merah dan Terbongkarnya Rencana Pemakzulan Gus Dur

1. Penamaan jalan berpangkal dari Tugu Larangan Desa Kembaran

Ada Jalan Gus Dur di BanyumasIstimewa

Tiga tokoh lainnya adalah KH Hasyim As'ari, KH Ahmad Dahlan, dan Kyai Kembar. KH Hasyim Ashari dijadikan nama jalan dari Tugu Larangan menuju selatan sampai dengan Desa Pliken.

Dari tugu ke barat sampai Perempatan Dukuhwaluh yang melewati Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto disematkan nama Jl KH Ahmad Dahlan.

Dari tugu ke utara sampai batas Desa Karangcegak diberi nama Jl KH Abdurahman Wahid. Sementara dari tugu ke timur sampai Desa Sambeng Kulon diberi nama Kyai Kembar.

2. Penentuan nama jalan melalui musyawarah lintas tokoh

Ada Jalan Gus Dur di BanyumasIstimewa

Camat Kembaran Omar Udaya mengatakan, penamaan ini untuk memenuhi kebutuhan kepastian nama beberapa ruas jalan utama. Penentuan nama jalan, kata dia, melalui musyawarah dengan berbagai elemen masyarakat.

"Nama jalan kami usulkan berdasarkan hasil diskusi publik yang melibatkan kepala desa, utusan BPD, utusan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dari tujuh desa yang terlintasi jalan utama," katanya.

3. Kyai Kembar tokoh lokal pengikut Pangeran Diponegoro

Ada Jalan Gus Dur di BanyumasWikimedia Commons/Geheugen van Nederland

Usulan nama jalan diambil dari tiga tokoh nasional dan satu tokoh lokal tersebut mendapat persetujuan Bupati Banyumas dan dikukuhkan dengan surat keputusan bupati. Sementara tokoh lokal diambil atas dasar jasa-jasanya untuk masyarakat setempat.

"Kyai Kembar adalah tokoh lokal, beliau adalah Kyai Mertolokesumo dan Kyai Mertolojati. Menurut masyarakat Kembaran beliau pengikut Pangeran Diponegoro yang menyebarkan Agama Islam di Kecamatan Kembaran," kata dia.

4. Peresmian nama Jalan KH Ahmad Dahlan dihadiri ketua PP Muhammadiyah

Ada Jalan Gus Dur di BanyumasIDN Times/Pito Agustin Rudiana

Khusus peresmian nama Jalan KH Ahmad Dalan yang melewati Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), juga dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haeder Nashir dan Rektor UMP Dr Anjar Nugroho.

Baca Juga: Khofifah Usulkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya