Comscore Tracker

7 Makam di Parepare Terbongkar, Tiga Jenazah COVID-19 Hilang

"Ada pro kontra apakah hilang atau ambles."

Makassar, IDN Times - Kapolres Parepare AKBP Welly Abdillah membenarkan kabar hilangnya sejumlah jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bilalangnge, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

"Masih kita selidiki," kata Kapolres Parepare AKBP Welly Abdillah saat dikonfirmasi, Sabtu (13/3/2021).

Sejumlah jenazah pasien COVID-19 hilang secara misterius dari permakaman. Setidaknya ada tujuh liang lahad yang terbongkar.

Baca Juga: Makam Jenazah Pasien COVID-19 di Depok Ambles, Ini Penyebabnya

1. Polisi menyelidiki kasus ini

7 Makam di Parepare Terbongkar, Tiga Jenazah COVID-19 HilangTPU Bilalangnge, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Sulsel/Istimewa

Welly mengatakan petugas baru mendapatkan informasi soal jumlah makam yang rusak dan jenazah yang hilang. Pihaknya masih mengumpulkan data dan bahan keterangan dari sejumlah pihak terkait.

"Nanti jelas baru kita bisa publish," ujar Welly. 

Sementara Camat Bacukiki Saharuddin mengatakan Satuan Tugas COVID-19 Kota Parepare juga masih tengah mencari tahu penyebab hilangnya ketujuh jenazah yang dimakamkan di area pemakaman khusus pasien COVID-19.

Baca Juga: Mengenal COVID Tongue, Bercak di Lidah yang Jadi Gejala Baru COVID-19

2. Tiga jenazah dipastikan diambil orang

7 Makam di Parepare Terbongkar, Tiga Jenazah COVID-19 HilangTPU Bilalangnge, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Sulsel/Istimewa

Saharuddin mengatakan tim Satgas COVID-19 menduga kuat bahwa tiga jenazah diambil seseorang dari liang lahad. Sedangkan empat makam lain masih diselidiki.

"Ada pro kontra apakah hilang atau ambles," kata Saharuddin. 

Pihak kecamatan masih berupaya menghubungi keluarga seluruh jenazah yang hilang untuk memastikan apakah yang mengambil pihak keluarga atau bukan.

"Kita mau cari tahu makam-makam mana saja yang dibongkar,"  kata dia. 

3. Terbongkarnya makam diketahui dari laporan warga

7 Makam di Parepare Terbongkar, Tiga Jenazah COVID-19 HilangTPU Bilalangnge, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Sulsel/Istimewa

Saharuddin menerangkan peristiwa terbongkarnya makam diketahui sejak Kamis, 11 Maret 2021. Awalnya diketahui oleh warga yang hendak membersihkan makam keluarganya di lokasi yang sama.

"Warga pertama kali mengetahui kejadian tersebut, melihat makam-makam tersebut dalam keadaan berserakan," kata Saharuddin. 

Baca Juga: Satgas COVID-19 Parepare Perketat Razia Prokes di Jalur Perbatasan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya