Comscore Tracker

Heboh, Kera di Maros Kejar-kejaran dengan Warga saat Masuk Permukiman

Kera menghilang saat akan dievakuasi petugas

Makassar, IDN Times - Seekor kera menghebohkan warga saat memasuki permukiman Desa Borimasunggu, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kedatangan kera liar itu sempat diabadikan seorang warga setempat, hingga videonya viral di media sosial.

Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulsel Rudi mengatakan, kera muncul di perkampungan pada Kamis, 24 Juni 2021.

"Di hari itu kita dapat laporan kemudian, besoknya tim kita turun ke sana untuk proses evakuasi, tapi keranya sudah tidak ada," kata Rudi saat berbincang dengan IDN Times lewat telepon, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Viral Jual Beli Data KTP dan Swafoto Pemilik, Polisi Langsung Selidiki

1. Petugas berniat tangkap kera pakai obat bius

Heboh, Kera di Maros Kejar-kejaran dengan Warga saat Masuk PermukimanIlustrasi kera Macaca Maura. Instagram/@kementerianlhk

Rudi mengatakan, pada Sabtu, 26 Juni 2021, petugas kembali ke lokasi untuk menangkap kera tersebut dengan tembakan obat bius. Namun kera itu tidak muncul lagi.

"Dari pagi kita menunggu sampai sore tidak ada," ucapnya.

Untuk lebih memudahkan evakuasi, petugas kini memasang perangkap atau jebakan di area permukiman warga yang biasanya didatangi kera.

"Jadi, kita tunggu lagi informasi dari warga kalau sudah masuk jebakan itu, langsung evakuasi," kata Rudi.

2. Kera yang turun ke permukiman hanya ingin bermain dan mencari makan

Heboh, Kera di Maros Kejar-kejaran dengan Warga saat Masuk PermukimanIlustrasi. Kawanan kera ekor panjang Goa Kreo sedang mencari makan. IDN Times/Fariz Fardianto

Berdasarkan rekaman video yang beredar, Rudi mengatakan, kera yang masuk ke permukiman tidak menyerang warga, melainkan cuma ingin bermain.

"Buktinya kan setelah ada anak yang mengejar, tidak lama begitu keranya lagi mengejar balik sambil lompat-lompat," ujar Rudi.

Diduga kera itu keluar dari habitatnya untuk mencari makan. Sebab menurut keterangan warga setempat, kera itu memang kerap menampakkan diri pada waktu-waktu tertentu.

"Warga biasanya memang lihat lama tidak muncul, dan baru-baru ini baru muncul," ungkap Rudi.

3. Kera yang menampakkan diri berjenis Macaca Maura

Heboh, Kera di Maros Kejar-kejaran dengan Warga saat Masuk PermukimanIlustrasi. Kera Macaca Maura. Dok. IDN Times/Istimewa

Rudi menerangkan, kera yang masuk ke permukiman warga berjenis Macaca Maura. Kera jenis ini berhabitat dan banyak dijumpai di sekitar daerah perbatasan Kabupaten Maros-Bone.

"Masuk dalam wilayah konservasi sebenarnya kera-kera ini," ujarnya.

Jika berhasil dievakuasi, kera yang masuk ke perkampungan rencananya akan dikembalikan ke habitat semula. Petugas BKSDA Sulsel bekerja sama dengan warga setempat siap mengawasi kera itu bila telah masuk ke perangkap.

"Di dalam perangkap itu ada makanan, jadi mudah-mudahan bisa kita evakuasi secepatnya," kata Rudi.

Baca Juga: Ketua BEM UI Dipanggil Pimpinan Kampus Usai Kritik Jokowi Viral

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya