Polisi Masih Buru Pelaku Penikaman di Area Debat Pilkada Makassar

Tim Appi-Rahman terima perkembangan informasi polisi

Makassar, IDN Times - Kondisi Humarram Jaya, tim sukses pasangan calon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) yang menjadi korban penikaman orang misterius, dikabarkan berangsur pulih. Hal tersebut diungkapkan juru bicara Appi-Rahman Fadli Noor.

Musjaya, sapaan korban, ditikam oleh orang misterius di depan halte di Jalan Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu, 7 November 2020, malam. Kejadiannya di depan lokasi debat pertama Pilkada Makassar.

"Sudah perlahan membaik tapi masih terus dikontrol di ICU," kata Fadli kepada IDN Times saat dikonfirmasi, Senin (9/11/2020).

Baca Juga: Timses Appi-Rahman Ditikam di Area Debat Pilkada Makassar di Jakarta

1. Korban dirawat intensif di rumah sakit

Polisi Masih Buru Pelaku Penikaman di Area Debat Pilkada MakassarLokasi dugaan penikaman salah satu timses Appi-Rahman di Palmerah, Jakarta. IDN Times/Jubir Appi-Rahman

Debat pasangan calon (Paslon) Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) Makasssar 2020, digelar di Gedung Kompas TV, di Jalan Palmerah, Jakarta Pusat. Korban saat itu tengah menanti jalannya debat bersama beberapa rekannya di depan halte.

Usai menganiaya, pelaku langsung melarikan diri. Sedangkan korban dievakuasi oleh rekannya ke Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kata Fadli, korban sempat menjalani operasi bekas luka jahitan di pinggul belakang usai ditikam.

"Sementara masih dalam perawatan," ujar Fadli.

2. Pelaku penikaman masih diburu

Polisi Masih Buru Pelaku Penikaman di Area Debat Pilkada MakassarKorban timses Appi-Raham dirawat di rumah sakit di Jakarta. IDN Times/Jubir Appi-Rahman

Usai kejadian itu, Fadli melanjutkan, pihaknya langsung melapor ke Polsek Metro Tanah Abang. Kapolsek setempat AKBP Raden Jauhari dan Kanit Reskrim AKP Haris Akhmad Basuki belum merespons upaya konfirmasi IDN Times. Baik itu melalui sambungan telepon maupun pesan WhatsApp.

Sedangkan Fadli mengaku telah berkoordinasi dengan Polsek Metro Tanah Abang terkait perkembangan kasus.

"Sedang dalam penanganan kepolisian. Sudah ada beberapa orang yang telah menjalani pemeriksaan. Polisi telah mengidentifikasi terduga pelaku dan sedang dalam tahap pengembangan," jelas Fadli.

3. Paslon Appi-Rahman sesalkan peristiwa penikaman anggotanya

Polisi Masih Buru Pelaku Penikaman di Area Debat Pilkada MakassarPaslon Wali Kota Makassar nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando saat debat publik perdana di Gedung Kompas TV, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (7/11/2020). KPU Makassar

Terpisah, paslon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, menyesalkan peristiwa tersebut. Usai debat pilkada saat itu, Munafri langsung membesuk korban yang sementara dirawat di RS Siloam. Munafri meminta agar kepolisian menangkap dan mengusut tuntas pelaku penikaman.

"Saya mengimbau kepada sahabat, relawan dan simpatisan, kita harus bersikap tenang dan menyerahkan segala urusan ini kepada kepolisian untuk bekerja untuk mencari siapa pelaku dan dalang dibalik kejadian ini," imbuh Munafri dalam rilis video singkat yang dikirimkan Fadli Noor.

Baca Juga: Analisis Debat Pertama Pilkada Makassar, Paslon Gamang, Ucapan Datar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya