Comscore Tracker

Penuh Haru, Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di Sleman

Keluarga minta pelaku mutilasi dihukum maksimal

Sleman, IDN Times - Jenazah korban mutilasi Rinaldi Harley Wismanu, akhirnya dimakamkan di tanah kelahirannya, Sleman, Yogyakarta, Senin (21/9/2020).

Jenazah HRD PT Jaya Obayashi itu tiba Senin pagi di rumah duka Nologaten RT 02 RW 04, Caturtunggal, Depok, Sleman, sekitar pukul 00.02 WIB.

1. Jenazah disemayamkan di lapangan untuk mencegah kerumunan pelayat

Penuh Haru, Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di SlemanPemakaman jenazah Rinaldi Harley Wismanu (32), korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta, dimakamkan di Depok, Sleman, Senin (21/9/2020).IDN Times/Tunggul Damarjati

Jenazah Rinaldi tidak disemayamkan di rumah duka, melainkan di tanah lapang dekat rumah duka. Hal ini demi mencegah kerumunan pelayat, sesuai anjuran pada protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Turut hadir dalam rombongan pelayat, yakni Bupati Sleman Sri Purnomo dan perwakilan dari PT Jaya Obayashi.

Baca Juga: Terungkap! Tersangka Mutilasi Sempat Main Game Online Usai Membunuh

2. Keluarga minta pelaku dihukum maksimal

Penuh Haru, Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di SlemanIDN Times/Tunggul Damarjati

Suwanto, pemuka agama setempat selaku perwakilan dari keluarga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polda Metro Jaya, yang menindaklanjuti laporan keluarga soal hilangnya kontak dengan almarhum pada 9 September 2020. Keluarga juga mengapresiasi kinerja jajaran kepolisian yang mengusut kasus pembunuhan ini.

"Keluarga berharap kepada penegak hukum agar bisa memberikan hukuman yang maksimal sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kepada siapa pun yang merencanakan dan yang melaksanakan tindakan keji, tindakan di luar kemanusiaan," kata dia, dalam sambutannya.

Suwanto mengatakan keluarga juga berharap agar kasus ini diusut hingga tuntas, seterang-terangnya. "Sekali lagi, keluarga berharap kepada penegak hukum, siapa pun yang membuat perencanaan, apakah pelaku yang tertangkap, ataukah masih ada pihak lain."

"Maka sekali lagi keluarga berharap untuk bisa dibuka terang benderang sampai ketahuan motif yang sesungguhnya, orang yang sesungguhnya, sehingga kami keluarga bisa menerima dengan lapang dada," lanjut dia.

Pihak keluarga juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Rumah Sakit Polri Kramat Jati, yang terlibat dalam proses identifikasi dan membantu pemulangan jenazah.

"Kami memohon maaf kepada siapa saja, jika selama hidup almarhum berbuat pernah kesalahan," pungkas Suwanto.

3. Almarhum dikenal sosok pekerja profesional

Penuh Haru, Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di SlemanIDN Times/Tunggul Damarjati

Sementara, Saut Sagala selaku perwakilan dari PT Jaya Obayashi mengatakan, perusahaan sangat kehilangan sosok Rinaldi. Almarhum dikenal sebagai sosok pekerja yang mumpuni dalam bidangnya.

"Beliau adalah pekerja keras sekali dan on time dalam melaksanakan pekerjaannya. Jadi, jujur dalam kesempatan ini saya mewakili PT Jaya Obayashi dan mewakili diri saya sendiri, merasa sangat kehilangan atas perginya rekan kerja kami ini," kata Saut.

"Kami mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya rekan kerja kami, kami berdoa agar segala kesalahan beliau bisa dimaafkan oleh Tuhan Yang Maha Esa," imbuh Saut.

Jenazah Rinaldi diberangkatkan menuju Sasonoloyo Nologaten tepat pukul 09.00 WIB. Lokasinya tak jauh dari rumah duka. Pemakaman dan prosesi tabur bunga diwarnai tangis keluarga, kerabat, dan rekan almarhum.

Rinaldi Harley Wismanu merupakan putra pertama dari pasangan Toto Rahardjo dan Sulistyani. Ia pergi meninggalkan kedua orang tua dan ketiga adiknya.

Jenazah Rinaldi ditemukan dalam kondisi mengenaskan akibat dimutilasi dan tersimpan dalam sebuah koper di lantai 16 Tower Ebony, Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, pada Rabu, 16 September 2020) malam.

Dua pelaku berinisial LAS dan DAF ditangkap tak lama setelah penemuan jenazah Rinaldi. Mereka yang diduga bertanggung jawab atas kasus pembunuhan ini dan terancam dikenakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Baca Juga: Terungkap, Tersangka Pembunuhan Rinaldi Belajar Mutilasi dari YouTube

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya