Comscore Tracker

Temuan Fosil Manusia Purba 1,8 Juta Tahun di Bumiayu Bakal Dimuseumkan

Pemkab Brebes siapkan lahan empat hektare untuk museum

Yogyakarta, IDN Times - Tim arkeolog berencana melanjutkan proses penggalian (ekskavasi) di situs Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, tempat ditemukan fosil manusia purba yang diprediksi berusia 1,8 juta tahun. Fosil ini disebut-sebut mematahkan fosil manusia purba tertua di Indonesia yang ditemukan di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Harry Widianto, arkeolog dari Balai Arkeologi Yogyakarta mengatakan penggalian paling tidak mulai dilakukan timnya tahun depan. "Untuk mengonfirmasi susunan litologi batuan, terkait persisnya komposisi litologi dari sedimen dari Kali Glagah," ujar dia, Yogyakarta, Rabu (10/7).

Baca Juga: Temuan Fosil di Bumiayu Diperkirakan Berusia 1,8 Juta Tahun Lalu

1. Respons positif Pemda Brebes

Temuan Fosil Manusia Purba 1,8 Juta Tahun di Bumiayu Bakal DimuseumkanIDN Times/Tunggul Kumoro

Upaya dari tim arkeolog rupanya mendapat respons positif dari Pemerintah Daerah Brebes. Fosil-fosil temuan pada Maret 2019 ini bakal memiliki tempat penyimpanan yang layak.

"Kemarin saya sudah berbicara, bertemu dengan Bupati (Brebes). Bupati sudah langsung memberikan reaksi untuk menyiapkan empat hektare lahan. Itu untuk pembangunan museum daerah di Bumiayu," kata Harry.

Museum ini sepenuhnya menjadi kewenangan Pemkab Brebes, pihak arkeolog akan fokus melanjutkan penelitian serta memberi masukan terkait fosil ini. "Harus dikonservasi, dipelihara, dilestarikan, lalu dikembangkan informasinya ke masyarakat melalui pembangunan museum," kata Harry.

2. Rencana pembangunan museum pada 2021

Temuan Fosil Manusia Purba 1,8 Juta Tahun di Bumiayu Bakal DimuseumkanIDN Times/Tunggul Kumoro

Sementara Pejabat Sekda Brebes, Djoko Gunawan membenarkan terkait adanya rencana pembangunan museum fosil ini. Hanya saja, lokasi untuk berdirinya tempat ini belum ditentukan.

"Lokasinya memang tetap di sini, Bumiayu, kita akan cari tempatnya. Tidak jauh dari lokasi situs Buton, Bumiayu-Tonjong," kata Djoko, saat dihubungi.

Disinggung mengenai target pembangunan, Djoko berujar, masih akan membahas terlebih dahulu. "Artinya yang sekarang kita siapkan Proyek Detail Engineering Design (DED) dulu, mudah-mudahan 2021 sudah mulai pembangunan," kata dia.

3. Penemuan fosil ini menjadi potensi wisata baru

Temuan Fosil Manusia Purba 1,8 Juta Tahun di Bumiayu Bakal Dimuseumkanamp.antarafoto.com

Pemkab Brebes berharap selain menjadi lokasi konservasi, museum yang dibangun ini dapat digunakan sebagai tempat informasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang manusia purba tertua.

Sebagai nilai tambah, pemerintah berharap dengan kehadiran museum itu dan seisinya, bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk pariwisata. Rencananya Pemkab Brebes akan menggandeng arkeolog untuk membantu pengembanganya.

"Kita ajak para ahli arkeolog sambil menggandeng teman-teman kita yang di ada Brebes," pungkas Djoko.

Baca Juga: Berumur 1,8 Juta Tahun, Fosil di Bumiayu Patahkan Teori Manusia Tertua

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You