Comscore Tracker

Bupati Kutim Terjaring OTT KPK, Gubernur Isran Noor: Semoga Terakhir!

Bupati Kutim sempat jadi Sekkab Isran di periode sebelumnya

Samarinda, IDN Times - Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Ismunandar, terjaring operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Kamis malam, 2 Juli 2020. Ini merupakan OTT KPK yang ketiga di Kalimantan Timur.

Dua dari tiga aksi ini menyeret dua kepala daerah. Pertama Rita Widyasari, mantan bupati Kutai Kartanegara dan kedua, Bupati Kutai Timur, Ismunandar. Sementara yang ketiga melibatkan petinggi Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan, Refly Tuddy Tangkere.

“Mudah-mudahan jangan lagi ada (terjadi OTT lagi di Kaltim),” kata Gubernur Kaltim Isran Noor saat dikonfirmasi pada Jumat (3/7/2020) sore.

1. Ismunandar pernah jadi Sekkab saat Isran menjabat sebagai Bupati Kutim

Bupati Kutim Terjaring OTT KPK, Gubernur Isran Noor: Semoga Terakhir!Gubernur Kaltim Isran Noor (IDN Times/Haikal)

Ismunandar memiliki riwayat panjang sebagai Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil (ASN/PNS) sebelum menjabat sebagai kepala daerah di Kutai Timur. Jabatan terakhirnya adalah sekretaris kabupaten (sekkab).

Saat masih menjabat sebagai Bupati Kutai Timur, tepatnya pada periode 2011-2016, Ismunandar merupakan sekkab dari Isran Noor. Namun belum sempat menuntaskan masa jabatannya, Isran pilih berhenti sebagai bupati.

Saat ditanya wartawan mengenai hubungan keduanya saat masih menjabat sebagai petinggi Kabupaten Kutai Timur, Isran berseloroh tak pernah menjabat posisi itu.

“Gak pernah saya jadi bupati,” canda Isran.

Namun sebelum beranjak, dia berpesan agar kejadian OTT ini adalah yang terakhir kali. “Mudah-mudahan ini (OTT bupati Kutim) yang terakhir lah. Saya turut prihatin,” katanya.

Baca Juga: KPK: Bupati Kutai Timur Ditangkap Saat Ikut Sosialisasi Pilkada 2020

2. Kasus dugaan korupsi Bupati Kutim masih dikembangkan KPK

Bupati Kutim Terjaring OTT KPK, Gubernur Isran Noor: Semoga Terakhir!Plt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, pelaksana tugas Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kutim.

"Untuk beberapa pihak yang diamankan di Jakarta, saat ini sudah berada di Gedung KPK sebanyak tujuh orang," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta pada Jumat. 

3. Bupati Ismunandar ditangkap bersama istrinya di Jakarta

Bupati Kutim Terjaring OTT KPK, Gubernur Isran Noor: Semoga Terakhir!Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Total ada 15 diamankan KPK. Di Samarinda dan Kutim ada delapan orang. Sementara lainnya, tujuh orang ditangkap di Jakarta, Bupati Kutim, Ismunandar bersama istrinya, Encek Firgasih juga terjaring OTT termasuk Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutim Musyaffa.

"Masih dalam pemeriksaan tim KPK. Demikian pula mengenai jumlah barang bukti uang saat ini juga masih dihitung," tutup Ali.

Baca Juga: Istri Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK Merupakan Ketua DPRD

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya