Resmi! Final Persebaya Vs Persija di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Batal di GBT karena belum siap

Surabaya, IDN Times - Laga Final Piala Gubernur Jawa Timur (PGJ) 2020 yang mempertemukan Persebaya Surabaya Vs Persija Jakarta tetap digelar di Kamis (20/2). Namun, venue pertandingan yang semula dijadwalkan di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dipindah ke Gelora Delta Sidoarjo (GDS) pada pukul 15.30 WIB.

"Lokasi pertandingan final di Gelora Delta Sidoarjo," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan usai rapat koordinasi, Rabu (19/2).

1. Bonek bisa dukung langsung, The Jak dilarang

Resmi! Final Persebaya Vs Persija di Stadion Gelora Delta SidoarjoIDN Times/Hendy Wardhana

Meski dilaksanakan di Sidoarjo, Polda, PSSI dan Pemprov Jatim menyepakati bahwa tuan rumah pertandingan final ialah Persebaya. Maka, Bonek Mania dipersilakan untuk mendukung langsung. Sedangkan The Jak Mania dilarang datang ke stadion.

"Supporter Persija tidak (diizinkan) ikut hadir ke stadion (GDS)," kata Luki.

"Supporter Persebaya boleh nonton. Dengan catatan tertib menjaga keamanan," tambahnya.

2. Polda Jatim akan koordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk cegah The Jak datang

Resmi! Final Persebaya Vs Persija di Stadion Gelora Delta SidoarjoKapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan usai menghadiri rapat koordinasi final Piala Gubernur Jatim, Rabu (19/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Untuk meminimalisir kedatangan The Jak Mania ke Sidoarjo, Polda Jatim langsung koordinasi dengan Polda Metro Jaya. Apabila memang ada supporter Persija yang sudah ada di Jatim tepatnya di Malang, maka akan difasilitasi layar tancap untuk nonton bareng (nobar).

"Nanti kantor kecamatan, polsek, kodim menanyangkan nobar," ucap Luki.

3. Alasan pilih GDS karena GBT belum siap

Resmi! Final Persebaya Vs Persija di Stadion Gelora Delta SidoarjoStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, alasan dipilihnya Stadion GDS sebagai venue final lantaran Stadion GBT belum siap. Stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 itu masih dalam perbaikan rumput lapangannya.

"GBT perbaikan rumputnya, rumput masih banyak yang lubang. Pengelola Delta sudah urus (kesiapan GDS)," jelas jenderal dua bintang ini.

Baca Juga: Lolos ke Final, Persebaya Terancam Compang-camping 

4. Kepolisian masih akan rapat teknis kesiapan personel pengamanan

Resmi! Final Persebaya Vs Persija di Stadion Gelora Delta SidoarjoLaga Persebaya vs Persija di Liga 1. Liga-Indonesia.id

Untuk menjaga keamanan pada laga besok (20/2), Polda dan jajarannya akan melaksanakan rapat teknis pengamanan di Mapolrestabes Surabaya. Rapat ini akan diikuti Polrestabes Surabaya dan Polresta Sidoarjo. Kepolisian akan menyiapkan personel yang diterjunkan nanti.

"Sore (19/2) rapat teknis. Yang mana persiapan (mulanya) GBT, jadi akan rapat teknis (tetap) di Polrestabes. Saya juga akan hadir," pungkasnya.

Baca Juga: Rencana Final Piala Gubernur Jatim di Stadion GBT Terancam Batal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya