Comscore Tracker

Sah! Bukan Surabaya, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Sidoarjo!

Batal di GBT karena belum siap

Surabaya, IDN Times - Laga Final Piala Gubernur Jawa Timur (PGJ) 2020 yang mempertemukan Persebaya vs Persija tetap digelar di Kamis (20/2). Namun, venue pertandingan yang semula dijadwalkan di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dipindah ke Gelora Delta Sidoarjo (GDS) pada pukul 15.30 WIB.

"Lokasi pertandingan final di Gelora Delta Sidoarjo," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan usai rapat koordinasi, Rabu (19/2).

1. Bonek bisa dukung langsung, The Jak dilarang

Sah! Bukan Surabaya, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Sidoarjo!IDN Times/Hendy Wardhana

Meski dilaksanakan di Sidoarjo, Polda, PSSI dan Pemprov Jatim menyepakati bahwa tuan rumah pertandingan final ialah Persebaya.

Maka, Bonek dipersilakan untuk mendukung langsung. Sedangkan The Jakmania dilarang datang ke stadion.

"Suporter Persija tidak (diizinkan) ikut hadir ke stadion (GDS), sementara suporter Persebaya boleh nonton. Dengan catatan tertib menjaga keamanan," kata Luki.

2. Polda Jatim akan koordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk cegah The Jak datang

Sah! Bukan Surabaya, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Sidoarjo!Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan usai menghadiri rapat koordinasi final Piala Gubernur Jatim, Rabu (19/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Untuk meminimalisir kedatangan The Jak l ke Sidoarjo, Polda Jatim langsung koordinasi dengan Polda Metro Jaya. Apabila memang ada suporter Persija yang sudah ada di Jatim tepatnya di Malang, maka akan difasilitasi layar tancap untuk nonton bareng (nobar).

"Nanti kantor kecamatan, polsek, dan kodim akan menayangkan nobar," ucap Luki.

3. Alasan pilih GDS karena GBT belum siap

Sah! Bukan Surabaya, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Sidoarjo!Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, alasan dipilihnya Stadion GDS sebagai venue final lantaran Stadion GBT belum siap. Stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 itu masih dalam perbaikan rumput lapangannya.

"GBT perbaikan rumputnya, rumput masih banyak yang lubang. Pengelola Delta sudah urus (kesiapan GDS)," jelas jenderal dua bintang ini.

Baca Juga: Lolos ke Final, Persebaya Terancam Compang-camping 

4. Kepolisian masih akan rapat teknis kesiapan personel pengamanan

Sah! Bukan Surabaya, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Sidoarjo!Laga Persebaya vs Persija di Liga 1. Liga-Indonesia.id

Untuk menjaga keamanan pada laga besok (20/2), Polda dan jajarannya akan melaksanakan rapat teknis pengamanan di Mapolrestabes Surabaya. Rapat ini akan diikuti Polrestabes Surabaya dan Polresta Sidoarjo. Kepolisian akan menyiapkan personel yang diterjunkan nanti.

"Sore (19/2) rapat teknis. Yang mana persiapan (mulanya) GBT, jadi akan rapat teknis (tetap) di Polrestabes. Saya juga akan hadir," pungkasnya.

Baca Juga: Rencana Final Piala Gubernur Jatim di Stadion GBT Terancam Batal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya