Lunasbos, Aplikasi Pencatat Utang yang Cocok Buat Pengingat

Gak enak nagih utang, Lunasbos jaga pertemananmu

instagram.com/lunasbos

Masalah utang piutang sama teman memang biasanya sensitif banget. Saat dikasih pinjam, kadang malah gak sadar buat bayar utang secepatnya. Apalagi kalau sama teman sendiri, mau nagih utang serasa gak enak dan sungkan. Gak heran kalau kadang pertemanan bisa rusak hanya karena utang.

Mencatat utang di kertas sudah gak zaman lagi. Merasa punya masalah penagihan utang, kamu bisa coba install aplikasi Lunasbos yang dikembangkan sekelompok mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta ini. Dikembangkan sebagai aplikasi di smartphone, Lunasbos bisa jadi solusi permasalahan utang piutang buat kalangan millennials di Indonesia.

Mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti

dok. Adjie Purbojati

Lunasbos ini jadi salah satu aplikasi buatan mahasiswa yang mendapatkan dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PBBT) Tahun 2018. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk serta penetrasi pasar, karena memang target pasar yang disasar Lunasbos tergolong baru.

Baca juga: Ubah Tampilan, Begini 5 Fakta Look Kece Gmail yang Baru

Ide awal dari pengalaman pribadi

instagram.com/lunasbos

Adjie Purbojati, CEO Lunasbos mengatakan, ide awal pembuatan aplikasi ini berdasarkan pengalaman pribadi. Biasanya anak muda sering melakukan utang piutang dari yang nominalnya kecil hingga besar. Misalnya pas nongkrong di kafe dan bayarin teman karena lupa membawa dompet atau uangnya kurang.

Janji bakal dibayar, tapi kenyataannya tak kunjung dibayar. "Yang paling parah adalah ketika sungkan untuk menagih, karena takut dikira perhitungan. Dari hal tersebut bisa terjadi permusuhan antar teman," kata Adjie kepada IDN Times.

Fitur pencatat dua arah

instagram.com/lunasbos

Lunasbos bisa mencatat utang dan piutang yang kamu berikan ke temanmu. Aplikasi ini akan mencatat secara detail utang piutang, mulai dari waktu utang, tanggal jatuh tempo, hingga kategori penggunaan dan keperluan.

Menariknya, Lunasbos memberikan fitur pencatat utang dua arah yang terintegrasi dengan kontak nomor telepon di smartphone-mu. Saat kamu mencatat utang yang kamu berikan ke temanmu, catatan itu juga akan muncul di aplikasi Lunasbos teman yang kamu utangi. Dengan begitu, pihak utang dan piutang akan mendapat notifikasi saat utang sudah jatuh tempo sesuai kesepakatan.

Buat kamu yang sering mengalami permasalahan utang piutang antar teman, Lunasbos bisa jadi solusi. Utang piutang nyaman, pertemanan pun terjaga. Buruan gih install aplikasi Lunasbos!

Baca juga: Manfaatkan Smartphone, 5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Belajar SBMPTN

Just For You