TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pabrikan China Sasar Indonesia, Chery Siap Bangun Pabrik di Cikarang

Chery juga akan membangun pusat riset di Indonesia

Mobil listrik Chery EQ1 (Dok. Chery)

Jakarta, IDN Times - Banyak produsen kendaraan asal China yang kini mulai mengincar pasar otomotif Indonesia. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang 'nekat' membangun pabrik di sini, salah satunya Wuling.

Langkah Wuling ternyata berbuah manis. Selama lima tahun mereka sukses bertahan dan bahkan tumbuh di sengitnya persaingan pasar mobil tanah air. Kenekatan Wuling membangun pabrik di Indonesia juga ternyata menginspirasi pabrikan asal China lainnya. 

Baca Juga: Mobil Chery Kembali ke Indonesia, Setelah Gagal Dua Kali

1. Chery akan membangun pabrik di Indonesia

Chery beri hadiah untuk konsumen Indonesia (Dok. Chery)

Chery, produsen mobil asal China, akan mengikuti jejak Wuling membangun pabrik di tanah air. Kepastian ini disampaikan langsung GM Marketing PT Chery Motor Indonesia Rifkie Setiawan.

"Kita ke depan rencananya juga akan membuat pabrik," kata Rifkie seperti dikutip dari ANATARA.

Rifkie menargetkan pembagunan pabrik selesai dalam waktu dua tahun. Ia melirik Cikarang sebagai lokasi sebagai lokasi pabrik Chery yang akan berdiri kelak. Saat ini pihaknya masih berkordinasi dengan stokeholder terkait. 

"Kita mulai tahun ini juga sudah koordinasi dengan pemerintahan, kementrian, dan lain-lain," katanya.

2. Mobil Chery akan lebih murah jika dirakit di Indonesia

chinapev.com

Strategi Chery membangun pabrik di Indonesia memang tidak keliru. Sebab, jika mobil bisa dirakit di sini, maka harga jualnya akan bisa ditekan. Dengan begitu mobil-mobil rakitan Chery akan lebih bisa bersaing melawan kompetitor yang lebih dulu eksis. 

"Kita kan tidak mungkin menunggu dua tahun selesai pabrik. Dalam waktu dua tahun pembangunan pabrik ini, kita akan bekerja sama dengan lokal assembling. Kalau sekarang yang lagi kita kerja sama itu dengan PT Handal Indonesia di Bekasi," ujar Rifkie.

Baca Juga: Chery Bakal Masuk Indonesia, Ini Deretan Mobil Andalan Mereka

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya