TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yuk Kenali Hyperloop, Kendaraan Super Cepat yang Akan Dibangun di Indonesia

Bakal dibangun pertama di Jakarta, lho!

www.pocket-lint.com

Hyperloop adalah konsep transportasi cepat dari Elon Musk yang kemudian ia berikan kepada siapa saja yang ingin mewujudkannya. Salah satu perusahaan yang ingin mewujudkan ide ini adalah Hyperloop Transportation Technologies (HTT).

Perusahaan ini mulai mewujudkan konsep Hyperloop ke negara-negara dunia seperti Slovakia, Republik Ceko, Perancis, Uni Emirat Arab dan negara pertama di Asia Tenggara yaitu Indonesia.

Menurut HTT, Indonesia merupakan salah satu negara paling padat di dunia dan kota yang paling padat adalah Jakarta dengan 70% tingkat polusi udara berasal dari kendaraan bermotor sehingga Hyperloop dianggap sebagai pemecah permasalahan ini.

HTT menggambarkan dengan teknologi Hyperloop, perjalanan dari Jakarta ke Jogja yang semula mencapai 10 jam dengan transportasi biasa dapat dipersingkat menjadi 25 menit saja!

Kendaraan masa depan yang hemat energi.

hyperloop.globa

Konsep kendaraan super cepat ini berupa sebuah tabung yang bisa melesat dengan kecepatan sangat tinggi, penumpangnya akan masuk ke dalam sebuah kapsul sebesar mobil dan kapsul tersebut akan tersedot ke dalam sebuah tabung yang menggunakan energi listrik, magnet dan tekanan udara.

Sedang tahap studi kelayakan di Indonesia.

www.prnewswire.com

Di Indonesia, Hyperloop Transtek Indonesia (HTI) merupakan pihak yang menandatangani perjanjian studi kelayakan Hyperloop dengan pihak HTT asal Amerika Serikat, tak tanggung - tanggung perjanjian ini bernilai 2,5 juta dollar dan juga disaksikan oleh Kementerian Perhubungan.

Menururt salah satu pendiri HTI, Dwi Putranto Sulaksono, studi kelayakan ini akan berlangsung selama satu tahun dengan rute kawasan Jakarta yang saat ini sedang dipelajari untuk dipilih mana yang tidak terlalu sulit namun diperlukan oleh warga Jakarta untuk mengurangi atau menghilangkan waktu lama saat berangkat atau pulang kerja.

Verified Writer

Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya